Gubernur Dampingi Wapres JK Tinjau Langsung Rekonstruksi Pasca Gempa - newsmetrontb

Saturday, April 6, 2019

Gubernur Dampingi Wapres JK Tinjau Langsung Rekonstruksi Pasca Gempa


Lombok Tengah - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah mendampingi Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) dalam kunjungan kerjanya kali ini di Nusa Tenggara Barat.

Tiba sekitar pukul 13.10 WITA di Lombok International Airport (LIA), Lombok Tengah, Sabtu (6/4), Gubernur Zul dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi NTB langsung mendampingi JK untuk meninjau langsung rekonstruksi pasca gempa di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Tiba di Teratak, JK disambut warga dengan antusias. Dalam sambutan singkatnya JK menjelaskan bahwa Pemerintah akan selalu hadir untuk masyarakat. "Pemerintah tentu memperhatikan apa yang terjadi pada masyarakat.
Baik Pemerintah Pusat dan daerah selalu siap sedia untuk membantu masyarakat" tegas JK

Lebih lanjut, JK juga berharap agar warga dapat menjaga dan memelihara rumah yang sudah terbangun.
"Apa yang diberikan agar dipelihara dengan baik, dan juga tentu kita doakan bagi semua yang membantu. Untuk yang belum, InshaAllah akan selesai pada waktunya, rumah ini bagus sekali. Mari kita bantu Bupati, kita bantu tentara, PU dan fasilitator.. Sekali lagi selamat dan terima kasih" tutup Wakil Presiden RI ke - 12 tersebut

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD NTB H Muhammad Rum menjelaskan, hingga saat ini jumlah dana yang ditransfer pusat ke daerah mencapai Rp 5,1 triliun. Dana yang sudah disalurkan ke masyarakat Rp 5 triliun lebih, Rp 2 triliun lebih sudah dikirim ke rekening Pokmas dan sisanya Rp 2,9 triliun masih di rekening warga.

Secara keseluruhan jumlah rumah yang sudah jadi mencapai 11.678 unit. Terdiri dari rumah rusak berat 2.594 unit, rumah rusak sedang 2.105 unit, dan 6.979 unit rumah rusak ringan. Sementara 41.981 unit rumah masih dalam proses pengerjaan.

Rum menambahkan, jumlah Pokmas terbentuk 6.991 buah dengan anggota 134.345 KK. Proses rehab rekon dibantu 3.241 orang personel tenaga fasilitator dan 1.000 personel TNI dari satuan Zeni. 

Selanjutnya, JK juga direncanakan menghadiri diskusi Kebangsaan di Hotel Lombok Raya, Jl. Panca Usaha No.11, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram.

Dalam kunjungannya, JK didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo, Kasetwapres Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Wijayanto Samirin, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Syahrul Udjud, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Azyumardi Azra, Tim ahli Wapres Sofjan Wanandi.

Penulis : Alfy

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments