Ziarah Makam Pahlawan Sebagai Peringatan Harkitnas - newsmetrontb

Monday, May 20, 2019

Ziarah Makam Pahlawan Sebagai Peringatan Harkitnas

Mataram - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk memaknai semangat kebangkitan serta semangat juang para pahlawan yang telah gugur.

Salah satu agenda penting dalam setiap rangkaian peringatan harkitnas adalah ziarah makam pahlawan.

"Ziarah makam ini selalu kita adakan untuk mengenang jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah mengantarkan bangsa Indonesia, mulai dari era kebangkitannya sampai era proklamasi."Kata Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosyadi Sayuti.,M.Sc.,Phd saat menjadi inspektur upacara dalam rangkaian peringatan harkitnas ke-111 yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Majeluk Kota Mataram, Senin (20/05).

Momentum harkitnas juga dimaknai sebagai salah satu cara mewarisi semangat kebangkitan yang telah diawali dengan mereka yang telah gugur sejak era kebangkitan pada tahun 1908 hingga era proklamasi.

"Hikmah yang bisa dipetik tentu disamping menghormati jasa pahlawan. Semoga kita juga mendapat inspirasi apa yang bisa kita lakukan kedepan. Sehingga bangsa ini bisa menjadi adil dan makmur sesuai dengan tujuan kemerdekaan kita." Tutupnya.

Selain ziarah makam pahlawan. Dalam waktu yang bersamaan peringatan harkitnas ini juga ditandai dengan upacara yang berlangsung di lapangan Bumi Gora kantor Gubernur NTB

Penulis : Alfy

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments