Pembangunan Smelter Di KSB Akan Banyak Memberikan Keuntungan Buat Masyarakat - newsmetrontb

Friday, June 21, 2019

Pembangunan Smelter Di KSB Akan Banyak Memberikan Keuntungan Buat Masyarakat

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin,.MM
Sumbawa Barat - Pembangunan tempat pemurnian emas atau smelter di Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat sudah sangat serius di lakukan baik itu oleh Perusahaan AMNT, tim appraisal, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Sumbawa Barat.

Tim sejauh ini sudah melakukan banyak kegiatan untuk meyakinkan masyarakat Sumbawa Barat yaitu sudah melakukan pengeboran tanah, namun di lapisan bawah tanah yang ada di sekitar itu ternyata tanahnya labil atau goyang.

Perihal ini di sampaikan oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin,. MM sesaat setelah selesai penyampaian pada rapat paripurna ke 10 di gedung DPRD Kabupaten Sumbawa Barat. Pada Kamis, (21/6)

"Setelah di lakukan pengeboran, tim dari AMNT menemukan tanah masih dalam keadaan labil dan berdasarkan itu pihak AMNT mengatakan akan menambah 200 hektar yang sudah di beli," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa masih ada yang klaim tanah yang ada di lokasi pembangunan smelter, dengan adanya itu rapat dengan agen Muspida bijak dan di serahkan ke pemerintah Desa.

Sementara itu lahan yang di butuhkan oleh AMNT untuk membangun Smelter sebanyak 1200 H. "Kalau untuk lahan pertanian produktif pihaknya mengaku akan melakukan ganti rugi dan kami membebaskan mereka agar memilih daerah di KSB mana buat lahan penggantinya yang masih produktif.

Pengerjaan yang sudah di lakukan oleh AMNT sebagai bentuk keseriusan yaitu Amdalnya jalan, pengeboran sudah selesai, sherplan dan master plant dalam proses penyusunan, Gubernur pun telah membentuk tim percepatan, kita di KSB sudah membentuk tim fasilitasi pengadaan agar memastikan bahwa harga ganti rugi sesuai appraisal.

Lanjut Bupati, setalah smelter ini jadi maka multiplayer efek buat masyarakat sangat besar. Karna pertumbuhan ekonomi akan ada, infrastruktur lengkap dan pendapatan daerah jadi meningkat.

Dia berharap agar proses ini kita kawal bersama dan sangat boleh kita kritik, tapi tujuan yang lebih besar dari adanya pembangunan Smelter itu yang masyarakat perlu tau.

Untuk di ketahui kapasitas Smelter yang akan di bangun nantinya yaitu sampai 2.000.000 juta ton dan untuk produksi pase tujuh di AMNT hanya bisa termuat sampai 2000 ton pertahun.

"Lahan yang sudah di bayar oleh AMNT sudah sebanyak  350 hektar, namun belum membentuk satu blok kawasan," katanya.

Di akhir acara Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa,.MH selaku ketua tim appraisal menambahkan agar masyarakat bisa mendukung semua kegiatan pemerintahan. 

Bupati berpesan kepada masyarakat agar semua investasi yang akan masuk KSB agar dihargai dan masyarakat harus bisa memberikan rasa aman, nyaman dan tenang agar investasi bisa betah di KSB. ( Ibrahim)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments