Datangi Toga Toma Se-Kabupaten Sumbawa, Kapolda Berkomitmen Jamin Kamtibmas - newsmetrontb

Thursday, July 18, 2019

Datangi Toga Toma Se-Kabupaten Sumbawa, Kapolda Berkomitmen Jamin Kamtibmas

Kapolda NTB didampingi pejabat utama melakukan tatap muka dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat se-Kabupaten Sumbawa,
Sumbawa - Kapolda NTB didampingi pejabat utama melakukan tatap muka dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat se-Kabupaten Sumbawa, kamis (18/7/2019). Kegiatan ini merupakan silaturahmi Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM sebagai pejabat baru Kapolda NTB dengan masyarakat Kab. Sumbawa dengan harapan dukungan yang terus sinergi dari masyarakat dalam mengelola kamtibmas.

Sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa situasi dan kondisi masyarakat Sumbawa masih tetap rukun dengan beraneka ragam suku bangsa yang ada. Soliditas dan sinergitas telah terbangun dengan baik. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menciptakan kehidupan yang lebih harmonis dan toleran. Masyarakat Samawa sangat terbuka dengan kehadiran Kapolda NTB dan rombongan. Masukan dan saran dari masyarakat semoga dapat diterima dan bermanfaat bagi pembangunan di Kab. Sumbawa.

Kapolda NTB menyampaikan bahwa jajaran Polda NTB tetap berkomitmen untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat di Kab. Sumbawa. Kami akan memaksimal stabilitas keamanan, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta optimalasi penegakan hukum terhadap kejahatan yang ada akhir-akhir ini seperti narkoba, pencurian dan lain-lain. Kami pun mohon dukungan kembali dari segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembinaan kamtibmas. Ditengah keterbatasan sumberdaya yang ada melalui evaluasi gangguan kamtibmas, kami akan lebih mengedepankan kepada upaya penangkalan dan pencegahan dengan melibatkan masyarakat dalam suatu Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Kami juga mengapresiasi situasi dan kondisi yang selama ini kondusif. Hal ini agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan terus, tentunya dengan adanya sinergitas Pemda - Polri - TNI bersama masyarakat sehingga kita dapat mengelola potensi kerawanan keamanan yang ada seperti konflik sosial, masalah Pilkades dan Pilkada 2020. 

Terimakasih atas masukan dan saran dari Tokoh Adat yang sangat respon begitu ada potensi konflik dengan cepat mengatasinya, kita akan tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemprop untuk aktualisasi Tim Penanganan Konflik.

Kami pun akan terus meningkatkan apresiasi dari Pak Muhammad Ali kinerja 3 Pilar (Babinsa-Bhabinkamtibmas-Kepala Desa) dalam mengembangkan program-program Kapolres Sumbawa.

H. Saefullah Karim membuat suasana menjadi lebih akrab ketika memberikan cincin kepada Kapolda NTB sebagai penghormatan terhadap tamu yang datang. 

Pada akhirnya Tuan Guru Mas'un menyetujui konsep hubungan Polri dan Masyarakat (Ulama-Umaro) dalam pembinaan kamtibmas melalui strategi silaturahmi dan komunikasi yang dirasakan besar sekali manfaatnya. 

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh tokoh dengan FKPD Kab. Sumbawa bersama Kapolda NTB.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments