HEADLINE NEWS

Lintas Sektoral Bangun Komitmen Berantas Cacingan

Dinas Kesehatan KLU bersama penyuluh kesehatan, petugas kesehatan, Dikpora dan kemenagklu
Lombok Utara - Diakhir kegiatan penutupan pertemuan koordinasi antara Dinas Kesehatan KLU bersama penyuluh kesehatan, petugas kesehatan, Dikpora dan kemenagklu pada hari Sabtu, 20 Juli 2010 di Hotel Bay Marina medana Tanjung yang diikuti sebanyak 23 peserta  menandatangani Program Rencana Kegiatan Lanjutan ( RKL ) yang dihadiri oleh Kabid kesehatan masyarakat Datu Madiawati, Kasi P3M Dikes KLU I Made Gede Artha serta perwakilan dari Dikes Propinsi NTB bagian Wasir Cacingan I Nengah Budi Armika

Setelah kabupaten Lombok Utara sukses didalam menekan angka Stunting dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat atas prestasi tersebut muncul lagi pekerjaan rumah baru yaitu pencegahan cacingan. Kondisi ini menjadi perhatian yang sangat serius bagi pemerintah daerah melalui dinas kesehatan Lombok Utara mengadakan kegiatan pertemuan lintas sektoral yang melibatkan dinas Dikpora lombok Utara dan kantor Kemenag Lombok Utara. kegiatan tersebut membahas terkait berbagai program integrasi dan koordinasi didalam upaya kerjasama instansi tersebut didalam program pencegahan cacingan di kabupaten Lombok Utara.  Dinas Dikpora dan kantor Kemenagklu memiliki peran yang sangat strategis dan penting terutama menyiapkan data jumlah anak sekolah, sosialisasi ke dunia pendidikan baik umum maupun madrasah terkait bahaya cacingan. seperti yang disampaikan oleh plt Dinas Kesehatan KLU dr. Lalu Burhan mengungkapkan bahwa penyakit kecacingan tidak se nge-tren penyakit lainya untuk itu perlu keterlibatan semua pihak untuk mengetrenkan penyakit cacingan ini. Secara  langsung penyakit cacingan ini menyumbang sebagai penyebab munculnya Stunting.

Pihak kantor Kemenag Lombok Utara melalui pelaksana humas Mustiadi siap mendukung program dan rencana pemerintah daerah didalam pencegahan cacingan. karena menjadi kewajiban untuk saling membantu didalam berbuat kebaikan.Pihak kemenagklu siap memberikan data madrasah serta siswa bilamana itu dibutuhkan.

Kondisi gizi anak khususnya di usia balita dan anak sekolah yang mengalami cacingan mempengaruhi tumbuh kembang anak sehingga pertumbuhan anak menjadi lamban dan menurun dan menjadi penyebab Stunting ( kerdil ).
Untuk itulah, Dinas Kesehatan KLU mengundang dua instansi ini untuk duduk bersama didalam upaya memberantas cacingan. Didalam pertemuan tersebut, dinas Dikpora dan kemenagklu sepakat untuk saling membantu didalam menyampaikan, mensosialisasikan serta menyiapkan data siswa didalam menyebarkan dan memberikan tablet vitamin A, tablet tambah darah serta obat cacing.

Sebagai wujud kerjasama antara instansi tersebut dibuatkan perjanjian kesepakatan bersama didalam saling mendukung melaksanakan kegiatan pemberantasan cacingan. Penandatanganan kesepakatan tersebut sebagai wujud dan Rencana Kegiatan Lanjutan ( RKL ) dari pertemuann dari pihak dinas kesehatan seluruh kepala seksi, penyuluh dan petugas kesehatan tingkat kecamatan, dinas Dikpora dan kemenagklu.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *