HEADLINE NEWS

Pasca Kebakaran, PLN Upayakan Listrik Normal Kembali

Ardi Manager unit pelaksana pembangkit Tambora
Sumbawa Barat - Pasca peristiwa kebakaran yang terjadi di mesin pembantu Perusahaan Listrik Negara (PLN) rayon Taliwang. 

Membuat Manager Unit Pelaksanaan Pelayanan Pembangkit Tambora, Hamzah angkat bicara, Dia mengatakan bahwa pasca kebakaran mesin pembangkit yang belum diketahui, sekitar setengah jam lalu dan kami sudah lokalisir, bersyukurnya K3 kita baik dan cepat di tangani.

Ia juga menjelaskan sekarang sedang berusaha agar normal kembali. Pihaknya akan berupaya dengan segala macam cara dengan perubahan pola operasi.

Untuk membantu itu, PLN menyuplay listrik dari dua tempat yaitu PLTD rayon Taliwang dan dari GI serangin Taliwang. Sementara ini dari GI sudah di koneksikan untuk disuplai ke pelanggan.

Di tempat yang sama, Ardi Manager unit pelaksana pembangkitan Tambora, menjelaskan bahwa pasca kebakaran ini, Pihaknya sudah mengecek semua peralatan yang terbakar, pihaknya juga sedang mengupayakan sebelum masuk malam akan di upayakan normal kembali.

Ia menuturkan bahwa masih ada sebagian tempat yang masih padam seperti Kecamatan Seteluk, Brang Rea, Brang Ene.

"Mesin masih diinvestigasi, belum ada kesimpulan, pihaknya sedang mengecek dan meninjau kembali mesinnya, sekarang masih fokus bagaimana normal kembali," bebernya.

Secara umum kerusakan akan di investigasi dulu, pengecekan dan melihat intalasi agar bisa di gunakan kembali. Mesin yang gangguan tersebut bermerek Komatsu 700 KW.

Ia mengungkapkan, untuk Kabupaten Sumbawa Barat total yang dibutuhkan 13 Mega dengan dibantu suplai dari Alas dan Taliwang.

"Kami sedang memperbaiki instalasi agar mesin lain bisa segera masuk sistem, sehingga pelanggan bisa segera terlayani," katanya.

Pihaknya mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan semuannya. Kejadian kebakaran ini baru pertama kali terjadi kebakaran yang hebat seperti ini di wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat. Dia juga menjelaskan kejadian kebakaran ini tidak ada unsur kesegajaan, petugas PLN yang ada di lokasi saat bertugas ada dua orang 

"Mesin yang terbakar satu unit dan yang satu terimbas. Sistem pengawasan nanti akan di evaluasi, total mesin yang ada di PLTD Taliwang 4 unit," cetusnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan sebelum sore akan diusahakan sudah menyala. Pihaknya terus melakukan pemeliharaan berkala terhadap semua mesin.

"Setelah kejadian ini akan ada penambahan pekerja. Dan akan di perbantukan dari Sumbawa," pungkasnya. (LNG.05)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *