Pentingnya Sinergi Untuk Wujudkan NTB Gemilang - newsmetrontb

Thursday, July 18, 2019

Pentingnya Sinergi Untuk Wujudkan NTB Gemilang

Pejabat Sekda NTB, Ir. Iswandi, M.Si, membuka kegiatan Sinergi Mewujudkan NTB Gemilang, di Hotel Lombok Raya
Mataram - Dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, sinergi menjadi salah satu faktor kunci. Maka, untuk mencapai tujuan, termasuk untuk mewujudkan Visi NTB Gemilang dibutuhkan kerjasama yang baik, termasuk dalam hal pola komunikasi informasi. Sebab, dalam manajemen pemerintahan, unsur kehumasan merupakan salah satu lini yang sangat penting dan menentukan keberhasilan pimpinan dan organisasi. Untuk mencapai visi-misi serta tujuan dari sebuah organisasi, maka diperlukan keikutsertaan semua pihak. 

Pesan ini ditegaskan Pejabat Sekda NTB, Ir. Iswandi, M.Si, saat membuka kegiatan Sinergi Mewujudkan NTB Gemilang, di Hotel Lombok Raya, Kamis (18/07).

Di hadapan jajaran Sekretaris OPD Lingkup Pemprov NTB, Sekda dan jajaran Humas kabupaten/kota se-NTB, ia menjelaskan segala persoalan yang muncul di tengah masyarakat dapat diselesaikan dengan pola sinergi yang bangun. Seperti persoalan kemiskinan, lapangan pekerjaan dan pendidikan, semua itu dapat di atasi dengan kerjasama.

Iswandi juga mengingatkan, visi-misi Pemerintah Provinsi NTB saat ini, harus dipahami oleh semua pihak. Sehingga, pada saat mensosialisasikan visi-misi bupati/walikota, juga dapat mengikutkan visi-misi Pemerintah Provinsi NTB. Sehingga katanya, seluruh masayarakat akan paham dan mengerti apa yang menjadi agenda besar pemerintah, baik kota/kabupaten maupun provinsi. 

Terkait dengan peran Humas dalam mengkomunikasikan informasi terkait program pemerintah, ia menjelaskan dua hal yang harus menjadi fokus perhatian. Pertama, bagaimana menjaga marwah pimpinan. Kedua lanjutnya adalah menjaga citra institusi pemerintah.

“Kalau ada inforamasi terkait pemerintah, maka Humas harus memberikan penjelasan kepada masyarakat,” ungkapnya seraya mengungkapkan harapan agar semua pihak, termasuk jajaran Humas kabupaten/kota untuk memperkokoh sinsergi dalam membangun NTB. Termasuk sinergi dalam menyebarluaskan informasi program pemerintah kepada masyarakat.

"Kalau komunikasi secara umum itu bertujuan untuk sampainya pesan kepada penerima pesan, tetapi kehumasan harus fokus menjaga marwah pimpinan dan menjaga citra institusi, disinilah pentingnya kerjasama," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Rotokol Najamudin, S.Sos,. MM melaporkan kepada Penjabat Sekda, kegiatan Sinergi Mewujudkan NTB Gemilang melibatkan berbagai unsur, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk dari lembaga vertical yang bertugas di NTB. Kegiatan ini juga katanya menghadirkan para operator di masing-masing OPD dan Humas kabupaten/kota untuk mengadopsi sebuah aplikasi untuk sharing informasi. 

Namun katanya, sistem atau aplikasi yang baik itu harus diisi oleh orang yang baik. Pola ini harus berada pada satu kebersamaan, apalagi untuk mewujudkan visi dan cita-cita bersama menuju NTB Gemilang.

"Segala sesuatu yang baru akan muncul pada saat kita membuka diri kita  seperti gelas yang kosong untuk menimba ilmu di tempat ini dengan sebaik-baiknya,” jelasnya. Ia berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai selesai. Sehingga dapat apa yang disampaikan dalam forum itu dapat diaplikasikan di instansi masing-masing.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments