Perbaiki Wilayah Pesisir Wagub Akan Taman Mangrove Bersama IKAPMI Dan We Save NTB - newsmetrontb

Thursday, October 10, 2019

Perbaiki Wilayah Pesisir Wagub Akan Taman Mangrove Bersama IKAPMI Dan We Save NTB

Perbaiki Wilayah Pesisir Wagub Akan Taman Mangrove Bersama IKAPMI Dan We Save NTB
Mataram - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dalam waktu dekat ini akan mengadakan penghijauan di sekitar Pantai Bagek Kembar Sekotong, Lombok Barat pada tanggal 27 Oktober mendatang. Penghijauan ini dilakukan dengan menanam mangrove, mengingat luas area penanaman mangrove di Lombok terbilang masih sedikit.

"Ayo sama-sama kita menanam mangrove, karena mangrove ini sangat bermanfaat untuk ekosistem laut kita," terang Wagub NTB yang akrab disapa Umi Rohmi ini.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa mangrove juga berfungsi sebagai alat untuk mencegah bencana berupa air pasang, abrasi, tsunami dan lainnya.

"Mangrove ini untuk mitigasi bencana juga, jadi mari kita kampanyekan untuk penanaman mangrove di tempat-tempat yang memang seharusnya di situ ada mangrove," tutur Umi Rohmi.

Penanaman mangrove ini diinisiasi oleh IKAPMI Dompu dan Komunitas We Save NTB yang mana ini merupakan bentuk kepedulian pemuda NTB terhadap isu lingkungan, karena bagi mereka isu itu bukan hanya isu lokal saja tapi sudah menjadi isu global.

"Salah satu motivasi kenapa kami mau menanam mangrove ini karena di momentum sumpah pemuda. Nanti kami ingin memberikan presepsi publik bahwa anak muda NTB adalah anak muda yang peduli dan akan terus menjaga lingkungannya," terang Ketua IKAPMI Dompu, Arif Rahman.

Kegiatan penanaman mangrove ini akan dilaksanakan di Bagek Kembar, Sekotong Lombok Barat yang melibatkan berbagai kalangan, mulai  dari masyarakat, komunitas maupun pemerintahan.  

“ Yang akan terlibat dalam kegiatan ini adalah Komunitas HelpOther, PMI Lombok Barat, Komunitas Mangrove Bagek Kembar, Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Bagek Kembar Sekotong. Semoga di momentum sumpah pemuda ini. Kita lebih peduli lagi menjaga pesisir pantai kita. Mari menanam mangrove menebar kebaikan pada alam," tutup Arif.
@lombokepo Grill Pan Korea Datar Anti Lengket #grillpan #antilengket #shopmaster ♬ suara asli - Lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments