Pentingnya Peningkatan Ketahanan Keluarga Dalam Menghasilkan SDM Kuat - newsmetrontb

Thursday, December 12, 2019

Pentingnya Peningkatan Ketahanan Keluarga Dalam Menghasilkan SDM Kuat

Mataram - Ketua TP. PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, menghadiri giat Rencana Aksi Daerah (RAD) di Lombok Plaza, Kamis (12/12/2019). 

Kepada peserta RAD Model Ketahanan Keluarga di Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019 ini, Hj. Niken mengingatkan bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia dimulai dari unit yang terkecil, yaitu keluarga. 

"Pembangunan SDM semuanya bermula dari keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat, sebagai pembentuk individu-individu yang sangat berperan penting dalam peningkatan SDM," ungkap Hj. Niken pada sambutannya.

Lebih jauh, NTB dinilai sebagai provinsi yang indeks ketahanan keluarganya masih sangat perlu ditingkatkan lagi. "Hal yang kita lakukan ini, memang tidak mudah, akan tetapi dengan kita bekerja sama, membuat rencana aksi bersama, maka akan mulai terlihat peta-peta yang akan menjadi acuan langkah berikutnya," sambung Hj. Niken.

Hj. Niken menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi NTB, yang telah menginisiasi rangkaian kegiatan dalam penguatan di hulu.

"Kita ini sedang memperbaiki secara sistemik, mulai dari hulu ke hilirnya. Apabila di hilirnya kita punya keluarga yang kuat, keluarga berketahanan maka, kita bisa cegah semua masalah masalah yang terjadi di hilir," tutur Hj. Niken.

Pada kesempatan yang sama Hj. Niken mengungkapkan rasa bahagianya atas konsistensi Provinsi NTB, di dalam melaksanakan ketahanan keluarga secara terkoordinasi. 

"Kita harus terus saling berkoordinasi, saling menyemangati dan memotivasi, bahwa suatu saat nanti NTB akan menjadi suatu Provinsi yang memiliki keluarga-keluarga yang kuat dan tangguh sehingga SDM-nya pun menjadi SDM yang pula tangguh," tutup Hj. Niken.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB, Ir. Andi Pramaria, M.Si menyampaikan bahwa RAD ini, guna mengetahui kondisi ketahanan keluarga dan menyusun aksi-aksi kegiatan yang akan dilakukan 2020 dan tahun-tahun berikutnya, dalam meningkatkan ketahanan keluarga di NTB. (*)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments