Sandang Predikat World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination, Kini NTB Kembang Wisata Medis - newsmetrontb

Saturday, December 14, 2019

Sandang Predikat World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination, Kini NTB Kembang Wisata Medis

Mataram - Gubernur NTB, Dr.H. Zulkieflimansyah didampingi Direktur RSUD NTB, dr.H.Lalu Hamzi Fikri dan Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Putri melauching secara resmi NTB sebagai medical tourism  bertempat di Graha Mandalika RSUD Provinsi NTB di Dasan Cermen Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, (14/12). 

Lounching Medical Tourism di hadiri pejabat dari Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pariwisata  serta ratusan pelaku industri jasa kesehatan dan  pariwisata lainnya.

Direktur RSUD Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, dalam konferensi persnya menjelaskan dilaunchingnya Medical Tourism ini merupakan langkah awal bagi Pemprov NTB. Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia ASITA, dan berbagai Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Mataram, diharapkan dapat menjadikan Pariwisata di NTB semakin kuat. Promosi akan gencar dilakukan di berbagai belahan dunia di bantu oleh stake holder terkait.

Terlebih keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai destinasi super prioritas nasional. Apalagi di tahun 2021 nanti balap motor paling bergengsi didunia, MotoGP akan digelar di sana. 

"Ini langkah awal menuju jalan yang panjang, tapi kita berani memulai. Bahkan kita yang pertama di indonesia yang berani lounching. Kita di NTB ini baru bergerak, memang ada produk layanan unggulan salah satunya yang kita majukan adalah radiotrapi. Ini menjadi salah satu langkah kita untuk mewujudkan NTB Gemilang," tandasnya.


Tak hanya produk medisnya saja, produk wisata yang ditawarkan juga telah dipersiapkan para guide medis untuk mendampingi para pasien Medical Tourism ini.

Rumah sakit terbesar milik masyarakat NTB sendiri menawarkan produk unggulannya berupa Pengobatan Radioterapi. Layanan radioterapi itu didukung peralatan canggih dengan kapasitas layanan bisa mencapai 80 pasien sehari.  Bahkan CT Scan Simulator milik RSUD NTB tersebut  merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Selain itu, Pesawat sinar radioterapinya pun merupakan pesawat versi yang paling baru. 

Setelah menyandang predikat World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination, kini NTB memulai langkah pertamanya mengembangkan Medical Tourism atau Wisata Medis.



 (LNG01)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments