Lulusan UTS Harus Berani Berkompetisi di Eropa - newsmetrontb

Sunday, March 1, 2020

Lulusan UTS Harus Berani Berkompetisi di Eropa

Wisuda Program Sarjana Universitas Tekonologi Sumbawa Tahun 2020


Sumbawa - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan arahan sekaligus memantik semangat para lulusan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Minggu (01/03/2020). Hadir bersama istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M., Sc, orang nomor satu di NTB itu menyampaikan harapan agar lulusan UTS memiliki keberanian berkompetisi dan bersaing untuk menuntut ilmu di Eropa. 

Ia mengatakan bahwa siapapun dan darimanapun mereka berasal, yang penting memiliki koneksi dengan NTB, memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan studi pascasarjananya di luar negeri. Apalagi saat ini Pemerintah Provinsi NTB menyediakan beasiswa bagi seluruh anak-anak NTB yang memiliki keberanian untuk meraih mimpi di Eropa atau luar negeri.

"Mudah-mudahan mayoritas lulusan UTS berani melamar untuk berkompetisi, bersaing, terutama di seluruh Eropa," harap Gubernur Bang Zul Penuh Semangat pada Sidang Senat Terbuka dan Wisuda Program Sarjana (S1) UTS itu. 

Dengan modal Pendidikan yang kuat, pengalaman yang luas serta rasa nasionalisme yang tinggi, maka Indonesia akan memiliki modal bagi estafet kepemimpinan Indonesia di masa yang akan datang. 

Bang Zul menegaskan misi yang digagas para founder UTS  dulu adalah melahirkan pemimpin masa depan Indonesia. Dari kampus UTS ini katanya akan terbentuk dan lahir pemimpin yang membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Sebab, para lulusan UTS ini, tidak hanya berasal dari NTB. Namun juga dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tidak lupa Bang Zul menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas pengorbanan para orang tua dalam mendidik dan memberikan semangat mereka untuk meraih kesuksesan. 

"Saya perlu ceritakan pada adik-adik, anak-anak yang lulus, walaupun orang tua adik-adik semua tidak berlebihan secara ekonomi mungkin. Tapi tidak usah diragukan bahwa, kasih sayang cintanya itu melebihi apa yang anda bisa bayangkan dulu," ungkap Bang Zul di hadapan 113 wisudawan dan ratusan orang tua yang hadir.

Sementara itu, Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc mengatakan bahwa kunci kesuksesan yang harus dipegang adalah disiplin dan etika. Kedua hal ini merupakan bagian penting bagi kesuksesan para wisudawan di masa yang akan datang

Ia juga menyampaikan obsesinya untuk meningkatkan SDM masyarakat Sumbawa. Karena itu lanjutnya, pendidikan dasar menengah hingga perguruan tinggi SDN Sumbawa juga harus memiliki daya saing lokal dan global untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam secara optimal.

"Upaya yang kami lakukan adalah meningkatkan SDM, pembangunan infrastruktur dan pertanian dalam arti luas yang tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Sumbawa dalam hal tersebut maka Universitas Teknologi Sumbawa dan para sarjana yang dihasilkannya akan sangat penting dan bonus demografi tahun 2020-2030 tidak lama lagi," jelasnya.

Untuk menghadapi itu katanya, para lulusan UTS dipacu untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi, menjadi pelopor dan penggerak di berbagai sektor pembangunan sesuai dengan minat bakat dan profesi.

"Sumbawa akan senantiasa menunggu bagaimana kemampuannya mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama duduk di perguruan tinggi. Semoga melalui momentum wisuda kali ini akan melahirkan orang-orang muda di bawah yang aktif dan berprestasi," katanya.

Untuk wisuda kali ini, UTS telah berhasil meluluskan 113 wisudawan yang berasal dari berbagai fakultas. Yaitu, Fakultas Teknik, Ekonomi Bisnis, Komunikasi, Psikologi, Teknologi Pertanian, dan Teknobiologi.(LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments