HEADLINE NEWS

Beberapa Desa Di Narmada Lombok Barat Mulai Salurkan JPS Mantap

Launching Serentak Program Jaring Pengaman Sosial Kab. Lombok Barat


Giri Menang, 6 Mei 2020. Setelah dilaunching secara serentak Program Jaring Pengaman Sosial (JPS)  Mantap oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat belum lama ini di tiga lokasi sekaligus,  kini giliran beberapa Desa di Kecamatan Narmada mulai menyalurkan bantuan (JPS) Mantap ke masyarakat, Rabu (6/5).

Desa Golong, misalnya, ada 336 kk yang mendapat bantuan Pemerintah Lombok Barat melalui Program JPS Mantap. Bantuan tersebut disalurkan sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (Non DTKS)
Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat.

Nilai bantuan  Rp 250.000 Per Org / KK  yang berbentuk 15 Kilogram beras, 1 Kilogram Gula Pasir, 1 Kilogram Minyak Goreng, 1 Trei atau 30 butir telur ayam, dan 1 pcs Masker. Seluruh barang bersumber dari Bumdes setempat. Adapun jumlah anggaran yang dikeluarkan Bumdes yang bekerjasama dengan Pemda Lombok Barat sebesar Rp 84 juta. 

Desa Golong sendiri penyalurannya dibagi dua tahap pagi dan siang. Mulai pukul 08.00-12.00 Wita dua Dusun yakni Peninjauan sebanyak 122 KK dan Dusun Bangket Punik sebanyak 40 KK, kemudian tahap kedua pada pukul 13.00- 17.00, Dusun Golong 67 KK, Dusun Kebun Nyiuh 89 KK dan Dusun Tibupiling 18 KK.

Kepala Desa Golong H. M. Zaenuddin SE sebelum melakukan pendistribusian ke masayarakat terlebih dahulu memberikan himbauan dan pengarahan tentang pencegahan virus corona (covid-19) kepada seluruh masyarakat penerima JPS.

"Masyarakat tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mencuci tangan pakai sabun,  Social and Physical Distancing, dan tetap menggunakan masker," imbaunya. 

Kades Zaenuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Lombok Barat yang telah memberikan bantuan bagi terdampak covid 19 melalui program JPS Mantapnya.
"Saya berterimakasih Kepada Pemda yang telah membantu masyarakat,  mudah-mudahan covid ini segera berlalu supaya ekonomi masyarakat meningkat kembali," pungkasnya.

Sementara Desa Presak juga melakukan hal serupa yakni pembagian bantuan melalui program Pemerintah JPS mantap. Desa Presak mendapat bantuan sebanyak 59 KK. Bantuan tersebut juga diserahkan secara simbolis oleh Kepala Desa Presak Bahri, S.IP.
" Nama-nama yang mendapat bantuan ini adalah hasil pendataan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat. Program ini di sebut program JPS mantap, "sebut Bahri. 

Demikian pula di Desa Batu Kuta, desa ini menyalurkan JPS mantap kepada sebanyak 224 KK. 
Namun karena sebagian kartu belum tercetak pihak kabupaten, desa membagi sesuai kartu dan data yang ada.

Nasrudin, salah seorang penerima JPS asal Dusun Golong amat bersyukur dengan bantuan Ini. 
"Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yg diberikan Pemerintah Kab Lomnok Barat, juga kepada pihak desa, " ujar Nasruddin di halaman Kantor Desa Golong. 

Untuk diketahui, JPS Mantap dari APBD Kabupaten Lombok tersebut untuk tahap satu baru menuntaskan pendataan sebanyak 21.894 Kepala Keluarga dari 30.000 Kepala Keluarga penerima manfaat yang direncanakan. 

Sampai dengan diluncurkan, angka tersebut tersebar di Kecamatan Sekotong sebanyak 2.595 KK, Kecamatan Lembar 1.765 KK, Kecamatan Gerung sebanyak 3.021 KK, Kecamatan Kuripan sebanyak 1.120 KK, Kecamatan Kediri sebanyak 2.147 KK, Kecamatan Labuapi 1.660 KK, Kecamatan Narmada sebanyak 2.907 KK, Kecamatan Lingsar sebanyak 2.446 KK, Kecamatan Gunung Sari sebanyak 2.439 KK, dan Kecamatan Batulayar sebanyak 1.794 KK.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *