Ali, Kades Sembung Lombok Barat, Salurkan Rp 437 Juta DD Untuk BLT Tahap II - newsmetrontb

Friday, June 12, 2020

Ali, Kades Sembung Lombok Barat, Salurkan Rp 437 Juta DD Untuk BLT Tahap II



Giri Menang. 12 Juni 2020. Sukses di Pencairan Tahap pertama, Pemerintah Desa (Pemdes) Sembung, Kecamatan Narmada, Kab. Lombok Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahap dua sebesar Rp 437 Juta. Penyaluran bantuan tahap II tersebut dilakukan di Aula Kantor Desa Sembung yang masih dalam kondisi perbaikan, Jum'at, (12/6).

Pembagian BLT itu dihadiri oleh Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Narmada, Banbinsa, BPD dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Sembung H. Ali Abdul menjelaskan, penyaluran BLT tahap ke II ini ditujukan untuk masyarakat miskin yang terdampak Corona Virus Desease (Covid-19) sejak bulan April lalu. Adapun jumlah penerimanya sebanyak 237 KK.

“Alhamdulillah, hari ini kita salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II. Semoga dengan bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat dan tentunya tepat sasaran,” ujar Ali.

Lanjut dikatakannya, masing-masing penerima mendapatkan Rp. 600,000. Dan tidak ada pemotongan sedikitpun karena semua masyarakat sudah mendapatkan bantuan lain dari sumber bantuan Pemerintah. Dari 1.224 KK tinggal 63 KK yang belum tersentuh bantuan. Dan itu kita akan usahakan agar juga mendapatkan bantuan. 

Adapun sumber bantuan Pemerintah yang sudah didistribusikan ke masyarakat termasuk jumlah penerima sebut Ali yaitu program keluarga harapan (PKH) sebanyak 269 orang, BPNT 81 orang, JPS Gemilang 42 orang, Baznas 49 orang, JPS mantap 134, Non sembako non program pusat sebanyak 41 orang, BLT 237 orang, tambahan JPS mantap 47 orang. Tambahan JPS gemilang 15 orang, Bantuan DPRD untuk 13 orang, BST 228 dan yang dianggap mampu sebanyak 105. 

Untuk itu ia pun berharap bantuan JPS mantap dari Kabupaten Lombok Barat untuk segera dicairkan karena sampai saat ini belum jelas pendistribusiannya. 

"Apapun caranya Pemda Kabupaten harus segera cairkan,"cetus Ali.

Meskipun pembayaran belum dilakukan Pemerintah ke Bumdes Desa pihaknya sudah siapkan materi atau sembako yang akan didistribusikan ke masyarakat.  
"Tolong JPS mantap disegerakan jagan terlalu birokratis, berbelit-belit dan mohon dimudahkan bumdes, kami mencairkan dana bumdes-nya," harap Ali.

Sementara Jumsah dan Fina Ariani warga Sembung Timur, di antara yang menerima bantuan, bersyukur dan berterima kasih Kepada Pemerintah Desa yang telah menyalurkan bantuan BLT tahap kedua karena bantuan yang diberikan sangat berharga untuk membeli kebutuhan rumah tangga terutama untuk membeli beras. 

"Bantuan ini saya gunakan untuk membeli sembako karna saya tidak ada usaha dan saya ibu rumah taangga,"ujar Fina.

Hal senada juga di sampaikan Jumsah, seorang buruh tani. “Bantuan yang diberikan pemdes ini saya pakai untuk beli beras, "akunya jujur.(LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments