HEADLINE NEWS

BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA TANGGUH DI MASA PANDEMI COVID-19



Lombok Timur - Selama masa pandemi covid-19 semua sektor seakan-akan mati suri, perekonomian masyarakat pun berimbas karena pengaruh covid-19, namun hal tersebut tidak terpengaruh dengan sosok tokoh masyarakat yang ada di dusun Gubuk lauq desa sukamulia kecamatan sukamulia kabupaten lombok timur, sosok tokoh masyarakat tersebut adalah L. MUH TAQIUDIN AMRULLAH, beliau sepertinya tidak bisa berdiam diri melihat situasi perekonomian yang semakin merosot karena pengaruh pandemi covid-19, sawah pun disulap menjadi lahan untuk menanami pepaya california sebagai bentuk kebangkitan dari keterpurukan perekonomian

dengan pengalaman dan kemampuanya dapat merubah sawahnya menjadi hutan pohon pepaya, sekitar 10 are beliau tanami dengan bibit pepaya California yang dibeli di rumah pembibitan dengan Harga bibit Rp. 3000 / bibit, sekarang terlihat ada sekitar 200 pohon pepaya California tumbuh besar dengan buahnya yang sudah menguning dan siap di panen untuk dipasarkan.

kalau dihitung secara ekonomi biaya yang di keluarkan untuk pembibitan, pemupukan dan biaya panen sudah tertutupi bahkan sudah melebihi dari modal yang dikeluarkan, terhitung dari hasil panen setiap harinya sebanyak 200 buah dengan kisaran harga Rp. 3.000 s/d Rp. 5.000 per buahnya sedangkan masa produktif pohon pepaya tersebut sekitar 2 tahun.

Sosok petugas Bhabinkamtibmas desa sukamulia yaitu BRIPKA HABIBULLOH beserta perangkat desa pun sering memberikan motifasi kepada tokoh masyarakat tersebut untuk melakukan inovasi-inovasi di bidang pertanian untuk membangkitkan semangat para petani sehingga dapat mengangkat perekonomian desa serta menjadikan masyarakat semakin tangguh dan tidak terpengaruh oleh pandemi-19, Bhabinkamtibmas juga sering turun secara langsung dan berkomunikasi dengan MUH TAQIUDIN AMRULLAH di lokasi kebun pepayanya berbincang tentang pembibitan, perawatan sampai dengan pemasaran hasil panen buah pepayanya tersebut, dengan adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara masyarakat, pihak desa, bhabinsa dan bhabinkantibmas desa sukamulia memberikan semangat dan motifasi kepada para petani guna terciptanya perekonomian masyarakat yang kuat sehingga tercipta kamtibmas yang aman dan kondusif.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *