HEADLINE NEWS

Kapolres KSB : Kepolisian Siap Mengamankan Pemilukada 2020 Di KSB



Sumbawa Barat - Kepala Kepolisian Resort Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S. Ik., MH pada Selasa, (9/6) melakukan silahturahmi dengan Komisioner KPUD dan Bawaslu KSB.

Dalam penyampaiannya, Kapolres Sumbawa Barat mengatakan saat ini yang perlu kita waspadai bersama terkait dengan perkembangan situasi di masa pandemi Covid 19 yaitu adanya bantuan sosial yang mengatasnamakan Bakal calon untuk mendapat simpati dari masyarakat.

"Kami dari pihak kepolisian siap mengamankan Pemilukada 2020 di KSB," jelas Kapolres.

Ia juga meminta agar Bawaslu konsen kepada SOP penanganan pelanggaran Pilkada 2020 di masa pandemi Covid 19. Dia juga menjelaskan agar semua melakukan maping kerawanan tahapan Pilkada 2020 di masa pandemi Covid 19 agar menghindari dan meminimalisir terjadi konflik. "Mari kita memberikan contoh kepada masyarakat terkait kedisiplinan menuju new normal," terangnya.

Ketua Bawaslu KSB Karyadi, SE menuturkan bahwa pihaknya akan selalu mengikuti instruksi KPU Pusat terkait penanganan pelanggaran pemilu. Dia mengatakan, Kami telah menyusun rasionalisasi anggaran berdasarkan penanganan covid 19.

Ia menjelaskan, Terkait dengan penambahan tempat pemungutan suara (TPS) yang semula 200 menjadi 339 TPS, Hal itu berimbas dengan honor petugas pengawas TPS. "Bawaslu siap untuk melakukan pengawasan di setiap pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkada 2020," ungkapnya.

Lanjut Karyadi, Pihaknya akan melakukan pengaktifan kembali Petugas Pengawas dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Desa. Kami telah melakukan maping dan mengidentifikasi kerawanan di setiap tahapan mulai dari pemberian Bansos, sampai dengan tahapan pencoblosan.

Bila ada penanganan pelanggaran di lapangan saat masa pandemi Covid 19, pihak Bawaslu akan selalu berkoordinasi dengan stakholder. Sampai saat ini Bawaslu masih menunggu Perbawaslu dalam penanganan pelanggaran di masa Covid 19.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Karyadi, SE Ketua Bawaslu Sumbawa Barat, Denny Saputra, S. Pd, Ketua KPU KSB, Herman Jayadi, Komisioner KPU dan Komisioner KPU lainnya, Khairuddin, SE Komisioner Bawaslu, Gufran, S.,Pdi Komisioner Bawaslu, Miswar, S.Pt sekretaris Bawaslu Sumbawa Barat, AKP Iwan Sugianto Kabag Ops Polres Sumbawa Barat, IPTU Made Weikerta yasa Kasat Intelkam Polres Sumbawa Barat. (LNG05)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *