Wujud ketahanan pangan Posal Selat Alas kembang biakan anakan ayam - newsmetrontb

Thursday, July 30, 2020

Wujud ketahanan pangan Posal Selat Alas kembang biakan anakan ayam



Lombok Timur - Posal (Pos TNI AL) Selat Alas yang beralamat di Jalan Raya Sambelia, Dusun Padak Guar, Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kab. Lombok Timur mewujudkan ketahanan pangan dengan bertenak ayam. Kamis (30/7/2020).

Sejak pertengahan bulan Juli 2020 lalu Posal Selat alas yang berada di Kab. Lombok Timur telah menebarkan anak ayam jenis Joper (ayam kampung super).

Anakan ayam tersebut berusia nol dari menetas atau di sebut DOC (Day Old Chick/usia nol hari dari menetas) ke dalam kandang. 

Sebanyak 700 ekor anakan ayam dilepas di dalam kandang yang berukuran 7 X 5 meter.

"Ayam Kampung Super atau Ayam Joper  untuk masa panennya lebih cepat, yaitu berusia 60 hari sudah dapat dipanen, karena itulah kita pilih jenis ayam ini dikembangbiakkan," Kata Letda Laut (P) Marjun susanto.

Selain memperhatikan faktor kebersihan kandang, vaksin dan vitamin juga sangat penting bagi anakan ayam yang masih rentan dengan penyakit dan menyebabkan kematian.

"Alhamdulilah sampai saat ini anakan ayam sudah beumur 14 hari masih dalam kondisi baik, karena kita mengikuti dan melaksanakan tiap tahapan dari pemberian vaksin hingga vitamin yang kita berikan pada minumannya", tutur Danposal selat alas tersebut. 

Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menyampaikan, Peternakan ayam di Posal Selat Alas, itu salah satu bentuk untuk  mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan, menghadapi situasi Covid 19.

(Pen Lanal Mataram/LNG04) 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments