HEADLINE NEWS

Brang Rea Juara Umum, MTQ Ke-16 Tingkat Kabupaten Resmi Ditutup

 


Sumbawa Barat - Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST secara resmi menutup MTQ ke-16 tingkat Kabupaten Sumbawa Barat di Masjid Agung Darussalam. Wakil Bupati didampiingi oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta sejumlah jajaran dinas lainnya.


MTQ ke-16 tingkat Kabupaten telah dilaksanakan sejak tanggal 18 September 2020 dan berakhir pada 21 September 2020. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 73 peserta dari 8 Kecamatan. Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Amir Syarifuddin menyampaikan laporannya bahwa, dalam MTQ tahun ini hanya dua cabang yang dilombakan yaitu cabang Tilawatil Quran dan cabang Hifzul Quran. 


Para peserta terdiri dari 35 putra 38 putri. Dari Kecamatan Brang Rea 8 orang, dari Kecamatan Seteluk 8 orang, dari Kecamatan Poto Tano 10 orang, dari Kecamatan Brang Ene 10 orang, dari Kecamatan Taliwang 9 orang dari Kecamatan Jereweh 8 orang, dari Kecamatan Maluk 10 orang, dan 10 orang dari Kecamatan Sekongkang.


Dalam penyelenggaraan tahun ini hampir seluruh Kecamatan mendapatkan juara, dan bahkan ada Kecamatan yang tahun sebelumnya tidak mendapatkan juara tapi tahun ini dapat melampaui Kecamatan yang sebelumnya selalu mendapatkan juara. hal ini merupakan salah satu dampak dari upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam membumikan Al-quran seperti yang tertuang dalam peraturan Bupati nomor 22 tahun 2016 tentang Gerakan KSB Mengaji yang ditindaklanjuti dengan gerakan Tuntas Baca Al-Quran berbasis gotong royong yang diketuai oleh Ketua PKK Kabupaten Sumbawa Barat.


Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ir. Abdul Muis, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta MTQ, karena walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, para qori dan qoriah dapat tetap tampil mengikuti lomba dan berjuang meraih prestasi. 


"Itulah kehebatan peserta lomba saat ini, jika pemenang tahun sebelumnya berlomba pada saat belum adanya wabah Covid-19, maka peserta yang ada sekarang ini bisa berkompetisi dan juara dalam suasana Covid-19.  itulah hal yang luar biasa karena mereka punya keyakinan untuk terus membumikan Al-Quran dalam kondisi apapun," ungkap Wabup. 


Meskipun begitu ia pun berharap kepada seluruh Qori dan Qoriah agar dapat menjadi corong dan contoh yang baik bagi masyarakat dan Keluarga terhadap pentingnya mentaati protocol Covid-19 demi kebaikan bersama.


Pada pelaksanaan MTQ ke-16 tahun 2020, berhasil meraih juara Umum Kecamatan Brang Rea. Dan pada kesempatan tersebut ditentukan Kecamatan Poto Tano sebagai lokasi penyelenggaraan MTQ ke-17 tahun 2021.(LNG05/Prokopim/LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *