Polisi Terjunkan Ratusan Personil Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Di Lombok Tengah - newsmetrontb

Thursday, September 24, 2020

Polisi Terjunkan Ratusan Personil Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Di Lombok Tengah

 


Praya, -Polres Lombok Tengah menerjunkan sekitar 320 personil untuk mengamankan jalannya tahapan pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum di Hotel D-Max Praya, Kamis (24/9). 


Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, S.I.K melalui Kabag Ops Polres Lombok Tengah Kompol I Kadek Suparta, A.Md menerangkan bahwa ratusan personil yang diterjunkan tersebut merupakan personil gabungan dari unsur TNI-Polri. 


"Semua personil pengamanan ini bertugas menjaga kondusifitas selama tahapan pengundian nomor urut paslon," kata Kabag Ops


Selain itu, personil juga bertugas untuk mengantisipasi adanya pendukung pasangan calon yang datang tanpa adanya undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan, sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19.


Kegiatan pengundian nomor urut dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid itu mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Lombok Tengah bersama Anggota Kodim 1620 Lombok Tengah baik diluar lokasi maupun di pintu masuk kegiatan. Bahkan, satu unit mobil water canon dan mobil barakuda diturunkan untuk mengamankan kegiatan tersebut. 


Orang nomor tiga di Polres Lombok Tengah ini juga menerangkan bahwa, dalam kesempatan itu pula Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho menyerahkan maklumat Kapolri terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 kepada lima paslon yang hadir.  


Itu merupakan salah satu komitmen Kepolisian, dalam rangka menciptakan Pilkada 2020 Lombok Tengah yang kondusif dan bebas COVID-19.


“Tentu jika ada yang melanggar protokol kesehatan akan tindak sesuai aturan yang berlaku,” tegas Kabag Ops. 


Ketua KPU Lombok Tengah, H Lalu Darmawan mengatakan kegiatan hari ini merupakan pengumuman nomor urut paslon sesuai aturan dan kegiatan ini harus dihadiri oleh Paslon, Partai Politi dan Bawaslu.


"Paslon Wajib Hadir," ujarnya saat membuka acara rapat pleno. 


Dikatakan, tujuan dilakukan kegiatan ini sebagai bahan untuk pencetakan surat suara untuk pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020. Selain itu juga, kegiatan ini sebagai alat kampaye para Paslon kedepannya. 


"Nomor urut ini untuk pencetakan surat suara," katanya. 


Adapun hasil pengundian nomor urut para paslon itu yakni Nomor urut (1) Hj Lale Prayatni-H Sumum. Nomor urut (2) Ahmad Ziadi- Lalu Aswatara. Nomor urut (3) H Masrun-Habib Ziadi. Nomor urut (4) H Lalu Pathul Bahri-H M Nursiah dan Nomor urut (5) H Lalu Saswadi-Dahrun.(LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments