HEADLINE NEWS

Road Show TP PKK NTB, Bupati Apresiasi Program Dan Kegiatan

 


Sumbawa Barat - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., didampingi Ketua TP PKK KSB Hj. Hanipah Musyafirin, S.Pt menerima kunjungan Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati, S.E., M.Sc., beserta rombongan dari Pemerintah Provinsi NTB. Kegiatan berlangsung di Central Kediaman Bupati Sumbawa Barat. Hadir dalam kegiatan tersebut Para kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Kepala Desa masing-masing bersama istri.


Ketua TP PKK KSB dalam laporannya menyampaikan bahwa sinergitas antara TP PKK Provinsi NTB dengan TP PKK KSB sudah terjalin cukup baik. Setiap Program PKK Provinsi bisa berjalan di KSB. PKK KSB sampai saat ini tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 pada setiap kegiatan dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. 


Adapun beberapa program dan kegiatan yang dijalankan TP PKK KSB antara lain Pemanfaatan Pekarangan rumah untuk menanam sayuran dan tanaman hias, Penyuluhan bahaya Corona, Program Tuntas baca Alquran, dukungan program Pemerintah Daerah dalam penuntasan semua pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), mendukung program kampung sehat, program peningkatan ekonomi keluarga serta membantu menjaga ketertiban dan keamanan Desa. 


Selain itu secara bersamaan bersinergi dengan TP PKK Provinsi dalam melaksanakan program pelayanan KB, bagi masker, sosialisasi pola asuh anak dan remaja (PAAR), pembinaan UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga), sosialisasi Biopori, Pengelolaan Posyandu di masa covid-19 dan gebrak masker.


Dalam sambutannya Bupati Sumbawa Barat melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ir. Abdul Muis, MM memberikan apresiasi kepada TP PKK NTB, karena selama kurun waktu dua tahun terakhir cukup intens memberikan perhatian kepada TP PKK KSB. Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan TP PKK karena sangat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan terutama dalam pelayanan kebutuhan dasar masyarakat terutama di masa pandemi covid-19.


Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa sebagai upaya mewujudkan partisipasi masyarakat dalam program dan kegiatan TP PKK, Bupati telah meng-SK-kan 1.115 orang Kader Posyandu di KSB, dan selanjutnya direncanakan akan meng-SK-kan kembali kader Dasawisma yang ada di KSB.


Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa masyarakat KSB termasuk yang disiplinnya lebih baik dari daerah lain dalam hal penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19, terutama dalam hal penggunaan masker. Bahkan untuk protokol kesehatan cuci tangan pakai sabun sudah terlebih dahulu dicapai KSB melalui Program STBM. 


“Pilar Pertama (ODF) sudah tuntas 100%, Pilar Kedua (Cuci tangan pakai sabun) dan 3 (Pengelolaan air minum rumah tangga) sudah tuntas dan dideklarasikan di tingkat Kecamatan. Sekarang, sedang dilakukan penilaian oleh Provinsi dan Insya Allah pada tanggal 24 September mendatang akan dilakukan deklarasi di tingkat Kabupaten. Ini semua bisa terwujud berkat sinergitas seluruh stakeholder mulai dari Dinas Kesehatan, DPMDes, dan semua pihak terkait lainnya," kata Bupati.


Usai Bupati menyampaikan sambutan, Ketua TP PKK NTB berkesempatan memberikan arahan kepada jajaran TP-PKK KSB agar tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. "KSB harus bisa mempertahankan status wilayah Hijau yang telah dicapai, jangan sampai lengah dan kembali masuk zona Merah," kata Hj. Niken. (LNG05/Prokopim/LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *