HEADLINE NEWS

Dukungan Ketahanan Pangan, DKP KSB Bangun Lumbung Dan Lantai Jemur


Sumbawa Barat,
- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sumbawa Barat berencana akan membangun lumbung dan lantai jemur di beberapa tempat yang sudah ditentukan.

"Kami sudah memprogramkan, Rencananya akan kami buat 2 lumbung dan 2 lantai jemur yang akan digunakan untuk membantu petani," jelas Kepala Dinas DKP KSB, Ir. H. M. Alimin kepada media ini, Selasa, (26/1).

Ia menjelaskan, Satu lumbung dan satu lantai jemur akan dibangun di Kecamatan Seteluk, Sementara di Kecamatan Brang Rea satu lantai jemur  dan 1 lumbung di Kecamatan Taliwang.

" 2 lumbung dan 2 lantai jemur, Sehingga totalnya 4 paket dengan menelan anggaran sebanyak 300 juta," tuturnya.

Ia juga mengatakan, Fungsi lumbung yaitu untuk menyimpan beras supaya mempertahankan harga beras. Sehingga bisa bertahan dua sampai 3 bulan kedepan. Sementara fungsi lantai jemur yakni mempertahankan kwalitas produk beras. Terutama menurunkan kadar airnya.

Ia berharap dengan dibangunnya lumbung dan lantai jemur bisa meningkatkan harga beras dan memberikan keuntungan buat petani kedepannya.

Dia mengakui bahwa lumbung dan lantai jemur di KSB belum mencapai 10 unit dibangun. Sementara hal ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *