HEADLINE NEWS

Relawan Siaga Bencana Keluraha Bintaro Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Mandiri

Relawan Siaga Bencana (RSB) Kelurahan Bintaro di bawah binaan Sekretaris Lurah (Seklur) Emmy Sulistiawati  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana Mandiri

Mataram
- Relawan Siaga Bencana (RSB) Kelurahan Bintaro di bawah binaan Sekretaris Lurah (Seklur) Emmy Sulistiawati  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana Mandiri dengan mengusung tema”Bersiaga Menghadapi Bencana”. Acara ini digelar pada tanggal 6 Februari 2021 menghadirkan narasumber dari luar NTB yang sudah berpengalaman di bidang mitigasi bencana, kerelawanan yaitu Edie Nugroho, certified coach untuk Sistem Manajemen Keadaan Darurat  sekaligus seorang pekerja kemanusiaan. (6/2/21)

Ketua RSB Kelurahan Bintaro,Solihin menjelaskan bahwa“,Kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana Mandiri dengan mengusung tema”Bersiaga Menghadapi Bencana”. menghadirkan narasumber dari luar NTB yang sudah berpengalaman di bidang mitigasi bencana, kerelawanan yaitu Edie Nugroho, certified coach untuk Sistem Manajemen Keadaan Darurat  sekaligus seorang pekerja kemanusiaan, untuk peserta dari perwakilan lingkungan,dan juga anggota komunitas motor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan ini,” jelas Solihin.

Sekretaris Lurah Bintaro Emmy Sulistiawati dalam sambutannya menyampaikan harapannya, “,saya berharap acara pelatihan ini sangatlah bermanfaat, dan penting terutama untuk bagi masyarakat bintaro dan khusunya para peserta yang nantinya akan menjadi kepanjangan tangan pemrintah bila mana terjadinya bencana diwilayah Kelurahan Bintaro,”harap Ibu Emmy.

“,Sebagaimana yang kita ketahui, Mitigasi tidak hanya berhenti pada saat setelah terjadi bencana, tidak sekedar  memiliki tas siaga, tahu cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana, perencanaan evakuasi, pembangunan infrastruktur saja. Mitigasi adalah sebuah rangkaian kegiatan pada fase pra bencana, saat bencana, dan paska bencana. Keterlibatan seluruh elemen dimasyarakat sangat menentukan keberhasilan upaya mitigasi disuatu wilayah,”terang Sekretaris Lurah yang pernah meraih penghargaan lurah terbaik yang merupakan 3 pilar terbaik se-NTB karena dapat menekan angka sebaran Covid-19.

Edie Nugroho.yang merupakan , certified coach untuk Sistem Manajemen Keadaan Darurat  sekaligus seorang pekerja kemanusiaan dalam paparannya menjelaskan bahwa kejadian bencana yang terkait dengan letak geografis Indonesia banyak mengakibatkan kerugian baik material maupun non material. Gempa Lombok, Gempa dan Tsunami Palu,Tsunami Selat Sunda dan sejumlah gempa lainnya, bencana banjir, longsor, angin puting beliung terbaru pandemic COVID-19, masih dan selalu menyisakan “ Pekerjaan Rumah “ yang panjang baik bagi pemerintah maupun masyarakat yang terdampak. Hal ini terjadi karena dalam penanggulangan bencana di negeri ini, kita masih didominasi penyelesaian-penyelesaian praktis atas kebutuhan-kebutuhan yang langsung terasa, belum menyentuh dasar-dasar yang melahirkan sebuah kesadaran akan kesiapsiagaan, yang merupakan investasi jangka panjang / sekali untuk selamanya. Pekerjaan rumah ini dapat segera selesai saat ada pihak lain yang ikut membantu menyelesaikannya dalam hal ini para relawan kebencanaan, terutama dalam hal mitigasi.

“,Harapan saya dengan pelatihan ini akan melahirkan tenaga –tenaga relawan yang siap dan tangguh di setiap lingkungan di wilayah Kelurahan Bintaro,”harap Solihin, Ketua Relawan Siaga Bencana Kelurahan Bintaro.

Turut menghadiri dalam acara pelatihan tersebut Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Bintaro, Kepala Lingkungan Sekelurahan Bintaro, dan dari Komunitas Motor LCR Lombok.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *