Libatkan Berbagai Pihak, SMKN 1 Brang Ene Sukses Laksanakan Bimtek - newsmetrontb

Friday, September 17, 2021

Libatkan Berbagai Pihak, SMKN 1 Brang Ene Sukses Laksanakan Bimtek

Sumbawa Barat - SMKN 1 Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk petani, Senin (13/9). Kegiatan yang merupakan program dari Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Ketahanan Pangan itu, diikuti oleh puluhan petani yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. 

Kepala SMKN 1 Brang Ene, Nurjihad, S.Ag., M.Pd saat jumpa pers mengatakan, kegiatan Bimtek digelar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para petani yang ada di Sumbawa Barat. Hal tersebut juga bagian dari upaya mendorong peningkatan hasil produksi dan penerapan teknologi pertanian untuk para petani. 

"Melalui SMKN 1 Brang Ene, kita ingin kemampuan dan kapasitas petani dalam berusaha tani terus meningkat. Termasuk dalam transfer teknologi kepada petani sehingga dapat bekerja secara professional, mandiri, modern, serta bisa bersaing secara global," katanya. 

Dalam kegiatan kali ini, SMKN 1 Brang Ene melibatkan beberapa pihak. Mulai dari Dirjen Ketahanan Pangan Kementan RI, DPR RI Komisi IV, Polbangtan, BPTP NTB, Fakultas Teknik Pertanian UTS, Dinas Pertanian KSB dan Dikbud NTB. Kegiatan Bimtek ini juga, kata Nurjihad, menjadi salah satu langkah bagi SMKN 1 Brang Ene memaksimalkan kemitraan dengan berbagai pihak. 

"Selain dari unsur pemerintah, kita juga libatkan praktisi pertanian dari UTS. Pesertanya juga adalah orang tua siswa yang berprofesi sebagai petani. Jadi sengaja kita libatkan, agar orang tua paham bahwa sekolah ini bukan sekolah biasa. SMKN 1 Brang Ene akan selalu berfikir bagaimana menyuguhkan yang terbaik, sehingga menjadi sekolah yang diperhitungkan," bebernya. 

Seperti diketahui, ada Empat materi yang disampaikan oleh para narasumber. Untuk materi pertama disampaikan oleh perwakilan Dikbud NTB, dengan materi sinergitas pendidikan vocasional dengan program pembangunan pertanian di Sumbawa Barat. Materi kedua disampaikan oleh praktisi pertanian UTS, dengan materi pengembangan teknologi hasil pertanian. Sementara untuk pemateri tiga dan empat, disampaikan oleh perwakilan Dinas Pertanian KSB dengan materi teknis dan materi lanjutan.

Dalam pantauan media, siswa SMKN 1 Brang Ene juga memamerkan karya hasil pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di kegiatan Bimtek. Sementara itu, para petani yang menjadi peserta tampak antusias dalam mengikuti pelaksanaan Bimtek ini. Selain mereka mendapatkan ilmu dan inovasi baru yang disampaikan oleh para narasumber, mereka juga dapat berbagi dan menyampaikan harapan mereka kedepannya, demi kemajuan pertanian di Sumbawa Barat. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments