Antisipasi Gagal Panen, Dinas Pertanian Sumbawa Barat Lakukan Pendataan dan Pertemuan - newsmetrontb

Wednesday, September 21, 2022

Antisipasi Gagal Panen, Dinas Pertanian Sumbawa Barat Lakukan Pendataan dan Pertemuan

Sumbawa Barat - Untuk mengantisipasi gagal panen, Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memberikan asuransi kepada petani. Hal itu menyasar petani yang akan melakukan musim tanam dari bulan Oktober sampai Desember.

"Kami sudah antisipasi gagal panen, Dinas Pertanian sudah melakukan pertemuan dan pendataan terhadap tanaman yang diusahakan oleh petani terutama padi dan jagung," kata Kepala Dinas Pertanian KSB Ir. Muhammad Saleh, M. Si kepada media ini, Selasa, (20/9/2022).

Ia juga mengatakan, dinas Pertanian telah mengumpulkan seluruh penyuluh pertanian lapangan (PPL) untuk melakukan pendataan dan cek lapangan terhadap lahan pertanian yang akan diasuransikan.

"Kami melihat intensitas hujan dan cuaca yang tidak menentu dan sebagai langkah antisipasi bila terjadi gagal panen, diberikanlah asuransi usaha tani padi (AUTP)," jelas Kadis baru.

Dia menambahkan, target tanam dalam musim tanam Oktober sampai Maret seluas 7.358 hektar. Sementara yang diasuransikan sebanyak 5.000 atau 68 %. "Klaim asuransi bisa untuk gagal panen, bencana alam dan faktor hama penyakit," tambahnya.
@lombokepo Grill Pan Korea Datar Anti Lengket #grillpan #antilengket #shopmaster ♬ suara asli - Lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments