Lombok Utara Sambut World Cleanup Day Dengan Gerakan MELEAH - newsmetrontb

Tuesday, September 17, 2019

Lombok Utara Sambut World Cleanup Day Dengan Gerakan MELEAH

Lombok Utara Sambut World Cleanup Day Dengan Gerakan MELEAH
Lombok Utara - Seiring dengan meningkatknya pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi dengan segala dinamikanya telah mengakibatkan terjadinya peningkatan timbulnya sampah dengan semakin cepat. Kondisi tersebut membuat pemerintah daerah kabupaten Lombok Utara melalui kantor Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lombok Utara akan mengadakan kegiatan “ MELEAH “ ( MEriri LEndang Ager bersiH ) yang akan dilaksanakan pada hari sabtu, 21 September 2019. Kegiatan MELEAH ini dalam rangka menyambut World Cleanup Day ( Hari Bersih – Bersih se Dunia ).

Sebelum kegiatan itu dilaksanakan, Dinas LHPDKN mengundang seluruh SKPD, TNI,Polri, Komunitas,BUMN serta para pelajar dalam kegiatan rapat koordinasi persiapan Aksi Bersama World Cleanup Day yang dilaksanakan di Kantor LHPDKN pada hari selasa, 17 september 2019. Rapat tersebut langsung dibuka oleh Sekda KLU H.Suardi serta didampingi Ketua DPRD KLU, Kepala Bapedda.

Dalam sambutannya, H. Suardi mengungkapkan bahwa sebagai salah satu daerah tujuan wisata, KLU harus terlihat bersih. “  Lombok Utara sebagai Destinasi wisata dunia ditambah lagi dengan geopark, maka kebersihan dan keindahan tempat pariwisata sangat perlu dijaga kebersihannya. Dan menjadi prioritas utama didalam memberikan kesan rasa nyaman, aman dan bersih adalah kebersihan itu sendiri “ ungkap H.Suardi.

Lebih jauh H.Suardi mengingatkan bahwa dalam rangka menjaga kebersihan, akan dilaksanakan gerakan menjaga kebersihan mulai dari sungai sokong dan pantai Impos Kecamatan Tanjung dan beberapa tempat lain. H.Suardi juga mengharapkan menjaga kebersihan akan menjadi prilaku dan mulai dari diri kita masing – masing.

Kepala LHPDKN menyampaikan bahwa kegiatan World Cleanup Day ini menggandeng komunitas penggiat dan aktifis dunia yang tergabung dalam “ Trush Hero “ . Dan aksi ini adalah salah satu bentuk dan wujud aksi lanjutan dari gerakan MEMBATIK ( Gerakan Masyarakat Membatasi dan Mengatasi Sampah Plastik ) sebagai salah satu strategi menuju Kabupaten Lombok Utara bersih dan bebas sampah 2023.

Dari kegiatan MELEAH ini yang akan jadi sasarannya adalah sampah rumah tangga, sampah di Instansi Pemerintah dan Swasta termasuk perkantoran dan sekolah, sampah di tempat – tempat usaha seperti pertokoan, lapak. Sampah di daerah kawasan wisata serta sampah yang ada di fasilitas umum seperti pasar, pelabuhan, terminal dan tempat ibadah. Beberapa lokasi yang akan menjadi pusat kegiatan diantaranya Pantai IMPOS, Kali Sokong,Jalan Raya yang telah terbagi menjadi 4 sektor.

Namun dalam rapat koordinasi tersebut tidak di undang dari unsur pramuka dan sempat menjadi pertanyaan peserta rapat mengingat peran pramuka sangat di butuhkan. Kegiatan akan pukul 07.00 hari sabtu, 21 september 2019 dan akan dibuka langsung oleh Bupati Lombok Utara  dengan berbagai hiburan seperti Senam Dzumba yang akan dibawakan oleh ZIN MAWAR
@lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments