72 Balon Kades KLU Ikuti Tambahan Tes Tulis - newsmetrontb

Monday, October 7, 2019

72 Balon Kades KLU Ikuti Tambahan Tes Tulis

72 Balon Kades KLU Ikuti Tambahan Tes Tulis
Lombok Utara -  Tambahan tes tulis bakal calon kepala desa serentak kabupaten Lombok Utara Tahun 2019. Seleksi ini dilaksanakan di aula kantor Bupati KLU pada tanggal 7 Oktober 2019 yang di ikuti oleh 72  peserta yang berasal dari 10 desa. Ke 10 desa yang ikut seleksi ini yang memiliki calon lebih dari 5 calon. Dan tim independen penilai terdiri dari 3 orang yaitu 1. Prof.Galang Asmara,SH,M.hum, 2. Dr.Prayitno Basuki,MA dan 3. Agusdin,SE,MBA,DBA.
Seperti yang disampaikan ketua panitia Kabupaten Kawit Sasmita, SH adapun desa yang ikut tes ini yaitu desa yang memiliki lebih dari 5 calon diantaranya. Untuk Kec. bayan ada 3 desa yaitu Desa Bayan 6 calon, Desa Mumbul Sari ada 8 calon  dan Desa Senaru ada 6 calon. Untuk Kecamatan Pemenang ada 3 desa yaitu Desa Pemenang Timur jumlah calon ada 7 calon , Desa Pemenang Barat ada 10 calon dan Desa Malaka  9 calon. Untuk Kecamatan Tanjung ada 2 desa yaitu Desa Tegal Maja  6 calon dan Desa Jenggala   6 calon dan 4. Untuk Kecamatan Kayangan ada 2 desa yaitu desa sesakit  6 calon dan selengen 8 calon. 
Hasil seleksi peserta langsung diperiksa oleh panitia dan diumumkan pada hari yang sama. Hal ini sangat diapresiasi oleh para peserta karena dengan langsung diumumkan bisa memberikan hasil yang transparan. Para peserta dengan sabar menunggu hasil tes yang sedang dikoreksi dan diperiksa panitia sampai menjelang siang hari.Menjelang akhir pemeriksaan hasil tes ada dua desa yang peserta harus mengikuti tes wawancara karena hasil tes tulis dinyatakan sama yaitu dari Desa Mumbul 2 orang dan pemenang timur 3 orang.

Media berhasil melakukan wawancara dengan beberapa calon kepala desa bayan yaitu Raden Kertamono dan Desa Mumbul Sari yaitu H.Muhammad alias H.Ilham terkait keikutsertaan dalam Pilkades serentak tahun 2019.
Raden Kertamono yang merupakan putra asli bayan  yang lahir 17 Juli 1957 berkeinginan ingin sekali membangun desa bayan.
" Kalau nantinya saya lulus tes ini dan terpilih menjadi kepala desa, saya akan membangun desa bayan menjadi lebih baik, transparan dalam pengelolaan anggaran, efektif serta berwibawa " ungkap R.Kerta
Selain sebagai putra asli desa bayan, R kerta mempunyai bekal dan modal pengalaman. Sebelumnya, R.Kerta merupakan pensiun PNS yang sarat pengalaman seperti pernah menjadi Sekcam Kayangan dan bayan, plt desa akar - akar, plt PDK kec. Bayan.

Lainnya halnya dengan H.Muhammad Calon kepala Desa asal Mumbul Sari kepada media juga mengungkapkan alasan keikutsertaan dalam kompetisi.
" Alasan saya ikut dalam pemilihan kepada desa ini, ingin membangun umat dan membangun masyarakat desa mumbul sari menjadi lebih baik, di sisa usia ini bagaimana saya bisa mengabdikan diri kepada masyarakat '" ungkap H. Muhammad

Lebih jauh H.Muhammad sangat ingin menjadikan desa mumbul sari menjadi desa yang lebih bermartabat, maju dan sejahtera dan transparan. H. Muhammad juga punya pengalaman pernah menjabat menjadi kepala desa mumbul selama 1 periode dari tahun 2007 s.d 2013.
Dalam kegiatan tambahan tes tulis, terlihat juga beberapa anggota kepolisian berjaga – jaga di luar gedung. Namun sampai akhir pelaksanaan kegiatan tes, tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dan kegiatan berlangsung lancar dan tertib.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments