Kirab Pataka Lambang Daerah Untuk Kokohkuatkan Ke-NTB-an Kita. - newsmetrontb

Monday, December 9, 2019

Kirab Pataka Lambang Daerah Untuk Kokohkuatkan Ke-NTB-an Kita.

Mataram - Kirab lambang daerah atau Pataka NTB merupakan upaya kita untuk mengokoh- kuatkan semangat persatuan dan kesatuan serta kebanggaan dan kebersamaan kita sebagai warga Bumi Gora.  Lebih penting lagi adalah kolaborasi semua unsur mulai dari Provinsi hingga Kabupaten/Kota dan menyentuh seluruh masyarakat didesa dan dusun, untuk bergerak bersama mewujudkan pembangunan menuju NTB Gemilang, ungkap Pj.Sekda Dr. Ir.H. Iswandi, M.Si usai menyerahkan Pataka Lambang NTB kepada pemerintah Kabupaten Bima pada upacara pelepasan Pataka Lambang NTB Dalam rangka HUT ke 61, di Halaman Bumi Gora Kantor Gubernur NTB di  Mataram, Senin(9/12-2019).

Menurut Iswandi,  NTB sudah sangat dikenal sebagai sebuah provinsi kepulauan yang multikultur serta kaya akan budaya. Sehingga dengan kirab pataka ini, semua elemen masyarakat dan pemerintah dapat memahami keberagaman budaya yang ada. Kemudian dapat dioptimalkan demi kemajuan daerah NTB yang sama-sama kita cintai, ungkapnya

Sekda NTB yang akrab disapa Pak Is mengatakan, penyerahan Pataka Lambang daerah ini sejatinya merupakan simbol atau tanda untuk mengawali Kirab Pataka. Setelah Pataka lambang NTB mengelilingi seluruh kabupaten/kota di NTB, kemudian akan diserahkan kembali kepada pemerintah Provinsi NTB, di tempat ini juga, terangnya.

"Kirab pataka merupakan rangkaian HUT NTB yang melambangkan kesatuan kabupaten kota sebagai bagian dari Provinsi NTB. Diawali dari Kabupaten Bima dan diakhiri penyerahan kepada pemerintah Kota Mataram," jelas Pak Is.

Senada dengan itu, Asisten Administrasi Umum Setda  Kabupaten Bima, Drs.H. Arifuddin HMY mengungkapkan, moment penyerahan bendera lambang NTB ini sebagai upaya membangun NTB ke depannya. Membangun NTB bukan hanya tangung jawab pemerintah. Akan tetapi tanggung jawab semua  untuk sama sama membangun NTB. Apalagi diperkuat dengan konsep visi misi NTB Gemilang.

"InsyaAllah besok akan disemayamkan di kantor Bupati Bima," ungkap Nurdin.

Ia mengatakan, Untuk mewujudkan Visi Misi NTB Gemilang tidak cukup hanya dilakukan oleh pemerintah Provinsi saja. Tetapi perlu sinergi semua pemerintah kabupaten kota. 

"Dalam menyambut HUT NTB, kita akan perkuat sinergitas untuk membangun NTB tercinta. Juga sebagai refleksi kita untuk introspeksi diri, kekurangan apa saja dalam membangun daerah selama ini untuk diperbaiki ke depannya," ujarnya.

Dengan demikian, katanya, sehingga mewujudkan NTB gemilang akan tercapai jika peran seluruh elemen masyarakat semakin diperkuat. 

Dalam rangka memperingati HUT Provinsi NTB yang ke-61, pemerintah Provinsi NTB kembali menyelenggarakan kirab Pataka lambang Daerah NTB mengelilingi sluruh Kabupaten/Kota.

Kirab diawali dengan upacara Penyerahan Pataka lambang Daerah NTB oleh Pj.Sekda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi kepada pemerintah Kabupaten Bima yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda  Kabupaten Bima, Drs.H. Arifuddin HMY. Kemudian Pataka lambang tersebut, akan disemayamkan di Kantor Bupati Bima esok harinya. Kirab Pataka atau iring-iringin Pataka ini akan mengelilingi Kabupaten Bima dan diserahkan kepada pemerintah Kota Bima. Dilanjutkan kepada pemerintah Kabupaten Dompu, Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Usai Kirab Pataka Lambang NTB di arak keliling di seluruh kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa, kemudian dilanjutkan ke kabupaten kota se-Pulau Lombok hingga pada tanggal 16 Desember 2019.
(Man@kominfo).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments