HEADLINE NEWS

Desa Langko, Terobosan Hebat Beradministrasi Desa

Peluncuran Aplikasi Online Berbasis Android Untuk Menuntaskan Administrasi Warga Desa


Lombok Barat - Inovasi kali ini hadir di Desa Langko Kecamatan Lingsar, Lombok Barat. Di perayaan HUT ke-21 nya, Sabtu malam (29/2/2020), Desa Langko meluncurkan aplikasi online berbasis android yang digunakan untuk menuntaskan administrasi seluruh warga desa. 
Mawardi, Kepala Desa Langko, mengungkapkan bahwa desa memerlukan terobosan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal ketuntasan administrasi dan data berdesa. Aplikasi android dengan versi 1.0 itu sengaja dibuat oleh Pemerintah Desa Langko untuk mempermudah dan memberikan pelayanan penuh terhadap masyarakat Desa Langko dalam hal membuat KK, KTP dan lain lain. 
Lain halnya pada perayaan HUT tahun-tahun sebelumnya, yang memfokuskan pada pembinaan pemuda dan masyarakat agar bersama-sama membangun desa. Pada HUT yang ke-21 ini, desa dengan 44 RT dan 07 Dusun dan jumlah penduduk sekitar 6.923 jiwa ini mencoba fokus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan sistem aplikasi online berbasis android. 
"Aplikasi ini namanya Desa Langko. Mari kita download bersama dalam mendukung kemajuan desa kita," ajak Mawardi.
Acara yang dilaksanakan di Lapangan Umum Desa Langko, dengan tema semangat dan bangga membangun desa ini, diapresiasi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil, Dr. H. Ashari, S.H., M.H. Menurutnya, desa yang kuat adalah desa yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kemajuan dan perkembangan tanpa meninggalkan keaslian jati diri desa tersebut. 
Kepala desa harus mampu memberdayakan masyarakat desa dan membangun di desanya. Harus punya inovasi, kreatifitas, seperti halnya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi, untuk bisa menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. 
"Ini luar biasa. Saya berharap dengan Android 1.0 ini masyarakat Desa Langko lebih mudah untuk mengakses semua program pembangunan yang ada di Desa Langko," kata Ashari.
Ia melanjutkan, alokasi dana desa untuk Provinsi NTB pada tahun 2020 ini dialokasikan sebesar 1,232 triliun rupiah. Untuk tiap-tiap desa mendapatkan 1,5 miliar atau 2,5 miliar. Sedangkan untuk Desa Langko mendapatkan 2 miliar lebih dan itu merupakan nominal yang fantastis. 
"Tadi saya tanya kepala desanya. Katanya kira-kira kami mendapatkan 2 M lebih, dan semoga bisa dikelola dengan baik," harap pria kelahiran Lombok Timur itu.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *