Antisipasi Dampak Terburuk Corona, Polresta Mataram gelar Simulasi Sispam Kota - newsmetrontb

Monday, April 27, 2020

Antisipasi Dampak Terburuk Corona, Polresta Mataram gelar Simulasi Sispam Kota

Simulasi Pengamanan Kota Yang Digelar Polres Mataram Guna Penanganan Konflik Sosial Dampak Corona


MATARAM—Polresta Mataram menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) sistem pengamanan kota Sispamkota. Simulasi tersebut rangkaian upaya penanganan konflik sosial dampak dari penyebaran virus covid-19 atau corona di wilayah hukum Polresta Mataram.  
Simulasi ini untuk optimalisasi jika kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan wilayah hukum Polresta Mataram dalam rangka percepatan penanganan covid-19.
Kegiatan TFG dihadiri langsung oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto, Wakapolresta Mataram AKBP Erwin Suwondo. 
Berikutnya, PJU Polresta Mataram juga mengikuti kegiatan ini. TFG dilaksanakan hari Senin tanggal 27 April 2020. Bertempat di gedung Wira Pratama Polresta Mataram dan dimulai pukul 10.00 wita. Secara keseluruhan TFG dihadiri 40 peserta. 
" Dalam kesempatan yang baik ini. Saya mohon kerjasama kita sekalian agar apa yang kita inginkan bisa berjalan dengan baik," ungkap Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto. 

Selanjutnya, TFG ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik. 
Kompol Taufik mengatakan, kegiatan TFG dilaksanakan untuk kesiapsiagaan petugas. Juga sebagai upaya antisipasi jika kedepannya terjadi hal yang tidak diinginkan. ‘’ Ini bentuk kesiapsiagaan kita ke depan. Agar nanti petugas kita tahu apa yang harus dilakukan,’’ ungkap Taufik. 

Diharapkan, melalui TFG yang dilaksanakan. Setiap personel nantinya bisa mengetahui tugasnya di lapangan. Selain itu, petugas diminta selalu siap dengan situasi yang ada. Di kegiatan itu juga tergambar tentang perkiraan personel yang akan disiapkan. Kemudian juga titik-titik kumpul petugas sudah disiapkan. Diantaranya dibeberapa titik di Kota Mataram. 
Dalam kegiatan TFG yang digelar, Kabag Ops memberikan pembahasan secara lebih detail dan mengharapkan saran masukan dari peserta TFG.

Kepolisian mengundang pihak terkait pada pelaksanaan TFG . Mulai dari Wali Kota Mataram yang di wakili oleh Assisten 1 Lalu Martawang, Unsur TNI, Dinas Perhubungan, Dinas PMK dan pihak terkait lainnya. ‘’ Dengan dilaksanakannya Simulasi TFG sispamkota di harapkan kepada seluruh unsur yang dilibatkan dapat mengetahui dan memahami lebih jelas akan tugas, wilayah penugasan serta kekuatan yang akan dilibatkan sebagai langkah antisipasi bilamana diberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah hukum Polresta Mataram dalam percepatan penanganan covid-19 ’’ beber Taufik. 

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang menyampaikan apresiasi atas persiapan untuk mengantisipasi berbagai kondisi yang mungkin terjadi. Tentunya semua pihak tidak menginginkan kemungkinan terburuk terjadi. Tapi dipastikan, jika terjadi semua pihak bisa menanganinya dengan baik. " Jadi sangat penting bagi kita untuk bekerjasama. Ini sebagai upaya kesiapan kita," terang Martawang.

Secara keseluruhan, giat tersebut berjalan lancar dan kondusif.(LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments