LTN NU Lombok Tengah Gelar #NgajiDirumahAja Selama Ramadhan 1441H - newsmetrontb

Saturday, May 9, 2020

LTN NU Lombok Tengah Gelar #NgajiDirumahAja Selama Ramadhan 1441H

Jadwal Ngaji Dirumah Aja LTN NU PCNU Lombok Tengah


Praya - Mungkin di dinding facebook anda pernah terlintas tagar #NgajiDiRumahAja yang jika diklik isinya ceramah-ceramah tuan guru, nah ini tagar yang dipopulerkan Lembaga Publikasi dan Informasi Ta’lif Wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama (NU) PCNU Kabupaten Lombok Tengah sejak tanggal 1 Ramadhan 1441 H lalu. 

Ketua LTN NU Lombok Tengah Ahmad Jumaili mengatakan, tagar ini dibuat untuk mempopulerkan ngaji di rumah disaat Covid-19 melanda kita semua. Dikatakannya, dibatasinya semua aktifitas sosial sejak Covid-19 ini masuk NTB membuat masyakat tak bisa menjalankan Puasa Ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

“Biasanya masjid-masjid, pesantren dan majelis ta’lim kalau Ramadhan seperti ini rame setiap sore dengan pengajian, tapi karena social distancing, semuanya tak bisa kita lakukan” Ujarnya Sabtu, (9/5/2020). 

Karena itu, bersama pengurus LTN NU Lombok Tengah yang lain, Ahmad Jumaili menginisiasi untuk mengajak sejumlah tuan guru dan Ustad untuk mengadakan pengajian online dirumahnya dan direkam menggunakan handphone.

“Alhamdulillah, ada 5 orang tuan guru dan ustad yang berparisipasi untuk ikut dalam program ini, ngaji kita lakukan mulai subuh sampai isya’ selepas shalat tarawih” Jelas Jumaili. 

#NgajiDirumahAja ini kemudian di Live Streamingkan melalui beberapa media, antara lain Fanpage Facebook LTN NU Lombok Tengah, Channel Youtube 99 TV LTN NU Lombok Tengah dan sejumlah Radio lokal di Lombok. 

“Kami meminta tolong Komisi Penyiaran Independen Daerah (KPID) NTB untuk bisa menyambungkan kami dengan radio-radio lokal dan alhamdulillah, 5 radio lokal ikut menyiarkannya selama Ramadhan ini” Ungkapnya.  

Untuk saat ini tambah Jumaili, kualitas “#NgajiDirumahAja ini berlangsung apa adanya. Karena hanya bermodalkan HP yang dimiliki masing-masing tuan guru yang kemudian mereka live streamingkan sebagai Admin di Akun Fanpage LTN NU Lombok Tengah. 

“Kualitasnya, ya apa adanya, karena LTN NU Loteng tidak punya modal untuk membelikan para Tuan Guru kita ini Microphone Clip On dan Tripod yang bagus, sehingga gambarnya seperti itu, tapi kami syukuri saja.” Curhatnya. 

Sementara itu, salah seorang Tuan Guru yang berpartisipasi dalam kegiatan #NgajiDirumahAja LTN NU Loteng ini, TGH. Supardi Ramli mengatakan, media sosial menjadi dunia baru masyarakat pesantren terutama para ustad dan tuan guru. 

Dikatakannya, selama ini para ustad dan tuan guru lebih konsentrasi mengadakan pengajian di bilik-bilik pesantren dengan sistem konvensional sementara kelompok lain diluar pesantren justru sangat aktif berdakwah di media sosial dan internet karena mereka sadar, milenial dan generasi muda sekarang kebanyakan berkumpul didunia Online. 

“Karena kita mengabaikan dakwah diwilayah ini, akhirnya, yang mengisinya adalah kelompok-kelompok diluar pesantren yang notabene kajian-kajian keagamaannya tidak konprehensif dan rata-rata beraliran wahabisme,” Jelasnya.

Karena itu, Tuan Guru Muda ini mengajak para ustad dan tuan guru di pesantren untuk ikut serta mengisi pengajian-pengajian di dunia online seperti yang diinisiasi LTN NU Lombok Tengah. 

Namun demikian, Pimpinan Ponpes Maarif Darul Atqiya ini berpendapat, cara-cara mengaji di pondok pesantren harus tetap di pertahankan seraya terus mengembangkan cara dakwah yang lebih inovatif melalui online.

“Cara dakwah kita tak perlu dirubah, hanya perlu ditambah, kalo kemarin-kemarin hanya kita hanya mengaji didepan santri yang mondok, searang kita tambah pengajiannya untuk santri-santri milenial yang ngajinya di medsos” Pungkasnya.

LTN NU Lombok Tengah sebelumnya juga aktif mengadakan program literasi pesantren yang dinamakan Madrasah Literasi Digital Nahdlatul Ulama (MARIDINU). Kegiatan ini berupa pelatihan menulis, desain grafis dan videografis. Sasarannya para santri dan pesantren agar mau terbuka dengan dakwah yang lebih luas di dunia digital dan online. [LNG04)

Penulis : Fahrurrozy

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments