HEADLINE NEWS

Mengubah Singkong Menjadi Barang Bernilai, Salah Satu Strategi Menguatkan Perekonomian Masyarakat



Lombok Timur - Desa sukamulia timur adalah salah satu desa di kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. Letaknya yang strategis berdekatan dengan kantor pemerintahan lainnya sehingga aktivitas masyarakat ramai pada saat jam-jam kerja. 

Keseharian masyarakat di desa ini biasanya  sibuk bercocok tanam di sawah atau ladang masing-masing, sebab sebagian besar matapencaharian masyarakat setempat adalah petani, terlebih dengan adanya jalan pertanian dan irigasi yang dibangun oleh dana desa membuat masyarakat semakin mudah membawa hasil sawah dan ladangnya.

Pada masa pandemi covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya. Namun desa sukamulia Timur nampaknya tidak terpengaruh oleh merebaknya pandemi ini,  karena masyarakat desa sudah terbiasa mandiri dengan cara memanfaatkan sumber daya alam lokal yang ada menjadi sebuah produk yang bernilai, sehingga perekonomian dan ketahanan pangan bisa bertahan di tengah pandemi covid-19.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pada masa pandemi, masyarakat dusun Dasan Tiga, desa Sukamulia menjalankan aktivitas menggunakan alat sederhana, mengolah singkong hasil panen menjadi kripik singkong dengan aneka rasa. Hasil olahan kripik singkong ini kemudian dijual ke pasar-pasar tradisional.


Cara pengerjaan dengan alat yang sederhana pun bisa mengubah singkong menjadi barang yang bernilai. Dengan adanya UKM berbasis masyarakat seperti ini, dapat memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi covid-19. 


Kegiatan masyarakat tersebut tidak lepas dari peran serta Kades Sukamulia Timur, Zainul Wardi yang selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada UKM (usaha kecil masyarakat)  yang ada di desa Sukamulia Timur. Begitu pula dengan Bhabinkamtibmas Bripka Aminudin dan babinsa Pelda Rahmatulloh yang selalu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berinovasi  menciptakan usaha-usaha mandiri di masyarakat sebagai upaya ketahanan pangan serta mengangkat perekonomian masyarakat.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *