HEADLINE NEWS

Mahasiswa Cordova dan UTS Serta Satgas TMMD 108, Kodim 1628/SB, Bersama Menata Gapura Desa




Sumbawa Barat - Tidak hanya membantu membangun masjid, jalan strategis, dan pembangunan rumah tidak layak huni, mahasiswa Universitas Cordova (Undova) dan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bersama anggota satgas TMMD 108 serta warga Desa Seminar Salit bahu membahu mempercantik desa melalui gapura selamat datang dan papan nama yang unik. 

Keunikan dan kreatifitas mahasiswa Undova misalnya dalam membuat gapura selamat datang yang terbuat dari bambu di Dusun Batu Melik Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea Sumbawa Barat, Sabtu (18/7).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD 108 Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto ST saat ditemui di Taliwang, Minggu (19/7), mengatakan, kreatifitas mahasiswa dalam membangun gapura selamat datang ini, selain memperindah desa juga menunjukkan Partisipasi, kepedulian generasi muda dalam menata lingkungan didesa agar terlihat lebih rapi, lebih bersih giat positif ini patut diapresiasi lebih lebih saat ini pemerintah sedang menggalakan program kampung sehat dan kampung tangguh, Pungkasnya.

Pembuatan gapura dengan menggunakan bambu sangat kreatif, memanfaatkan sarana yang ada lebih efisien sehingga tidak membutuhkan kos biaya yang banyak, yang diperlukan hanya biaya untuk membeli cat dan plitur sebagai pelindung agar bambu tidak cepat lapuk, 

"Ini adalah kreasi para mahasiswa yang bekerjasama dengan anggota TNI serta masyarakat untuk membuat desa ini lebih indah," katanya.

Eddy mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa yang bahu membahu dan tetap bersemangat, meningkatkan kembali budaya gotong royong ditengah masyarakat bersama Satgas TMMD 108 Kodim 1628/SB, di Desa Seminar Salit.

Sementara itu, koordinator mahasiswa KKN Undova, Tedy Agus Diansyah, mengatakan, ikhlas melakukan pekerjaan tersebut, selain salah satu program yang ada dalam rencana KKN, juga untuk memberikan warna di Dusun Batu Melik.

Ia juga mengungkapkan, selain membuat gapura selamat datang, ia bersama teman-teman mahasiswa juga mempercantik taman kecil di dekat lokasi jalan strategis untuk memberi warna baru di desa.

Selain itu, kreativitas juga diperlihatkan oleh mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Para mahasiswa ini membuat papan nama penunjuk jalan dan nama dusun dengan menggunakan bahan dari kayu.

Papan yang bertuliskan nama dusun dan jalan itu dipercantik dengan gaya tulisan yang unik dan dicat dengan warna warni, sehingga membuat kesan menarik desa terasa lebih berwarna. 

Koordinator KKN UTS, M Nur, Minggu, mengatakan, semua yang dilakukan bersama TNI melalui program TMMD ke 108 bersama semua elemen masyarakat ini adalah bagian dari pengabdian dan kepedulian dalam membangun desa.

"Lelah dan capek itu tak seberapa, semua itu dapat terbayar dengan senyuman yang terlihat di wajah para warga desa ini," tuturnya tersenyum sambil mengusap keringat di dahinya.(LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *