Wagub NTB Ajak HMR Sinergi Tangani Sampah - newsmetrontb

Thursday, August 13, 2020

Wagub NTB Ajak HMR Sinergi Tangani Sampah

 


Mataram - Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (HMR) silaturahim ke Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah di Kantor Gubernur NTB, Kamis (13/8).


Kepada Wagub NTB, Wawali Kota Mataram berbincang mengenai masalah tata kota dan kebersihan. 


"Bu Wagub, kota ini etalase. Jadi kebersihan menjadi konsentrasi," katanya.


Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi ini mengungkapkan, Kota Mataram memang harus serius menangani soal sampah. Untuk menunjang menjadi wilayah yang nyaman.


"Ada beberapa program yang bisa dilakukan," ucapnya.


Dijelaskan, seperti dilakukan di Kecamatan Lingsar, Lombok Barat ada budidaya lalat hitam yang memakan sampah organik. Dengan langkah itu bau sampah hilang. 


"Ini bagus untuk diterapkan. Solusi untuk organik. Termasuk pupuk cacing dan black solder fly. Ini yang akan di dorong NTB," jelasnya.


Terkait penanganan sampah dengan membakar atau osamtu, itu tidak direkomendasikan karena mengganggu lingkungan. Pada Tahun 2021 dibangun di Kebon Kongok pengolahan sampah menjadi bahan bakar atau pelet. Nantinya bisa dikirim ke PLTU Jeranjang. 


"Bila ini bisa jalan, banyak sekali hilirnya," ujarnya.


Pengolahan pelet untuk bahan bakar, lanjut Ummi Rohmi, nanti bisa dikembangkan juga berbasis lingkungan di Kota Mataram. 


"Nanti kelurahan atau desa produksi, hasil pelet itu bisa di drop ke PLN," imbuhnya.


Ditambahkan, jika semua kompak mengurus sampah dari hulu sampai hilir target sampah terkelola di NTB 2023 bisa tercapai. 


"Di Indonesia 2025 sampah bisa terkelola," tandasnya.


Pemaparan Ummi Rohmi ini diamini oleh Wakil Wali Kota Mataram, ia memiliki konsep yang sama soal kebersihan. Pola penanganan sampah tidak boleh lagi angkut dan buang. Cara ini hanya sekadar memindahkan masalah.


"Dengan pola ini seberapa banyak pun kita siapkan alat angkut, akan tetap saja sampah berserakan. Pengolahan sampah itu yang utama," tegas Mohan.


Perbincangan dengan Ummi Rohmi dan HMR ini juga sekaligus menjadi ajang nostalgia. HMR berkisah masa kecil bersama TGB HM Zainul Majdi maupun HM Syamsul Lutfi yang tak lain adik dari Ummi Rohmi.(LNG04) 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments