HEADLINE NEWS

Wartawan di Lombok Tengah Diharapkan Sukseskan Pilkada 2020

 


Praya - Dirintelkam Polda NTB, Kombes Pol Drs. Susilo Rahayu Irianto mengelar silaturahmi dengan Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT), di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Sabtu (15/8).


Kedatangan perwira tersebut dalam rangka mensosialisasikan berbagai program yang dijalankan Polda NTB. Diantaranya program kampung sehat dalam rangka mencegah covid-19 dan mensuksekan pelaksanaan Pilkada Lombok Tengah khususnya tanggal 9 Desember 2020.


DirIntelkam mengatakan, Lombok Tengah merupakan salah satu dari 7 Daerah di NTB yang akan melaksanakan Pilkada tahun ini. Sehingga semua elemen diharapkan bisa mewujudkan Pilkada yang aman, damai, sejuk dan harmonis. 


"Termasuk wartawan harus berperan menjaga kondusifitas masyarakat dalam menghadapi Pilkada Lombok Tengah khususnya," ujar Kombes Pol Susilo.


Melalui pemberitaan, diharapkan mampu mengedukasi masyarakat agar cerdas dalam menghadapi momen politik di Lombok Tengah. Jika ada isu yang sekiranya bisa menimbulkan gesekan di masyarakat, wartawan diharapkan mampu memberikan informasi yang sebenarnya.


”Wartawan harus bisa menjaga kondusifitas keamanan,” harapnya.


Selaian itu juga, pihaknya mengajak masyarakat bersama- sama mendukung program pemerintah dan berperan aktif dalam pembangunan daerah. Program kampung sehat sendiri meliputi banyak kriteria. Tidak hanya menyangkut kebersihan lingkungan, tapi juga sejauah mana bisa mengedukasi masyarakat lain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.


Selain itu, kampung sehat juga merupakan upaya pemerintah menjaga kondusifitas masyarakat. Misalnya mencegah masuknya paham-paham radikal, narkoba dan hal negatif lainnya. Termasuk bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat, juga menjadi salah satu tujuan diadakannya kampung sehat.


Untuk pencegahan covid-19, Susilo mengimbau masyarakat patuhi protokol kesehatan covid-19. Yaitu memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, serta tingkatkan imunitas tubuh.


"Selain berdampak bagi kesehatan, harus disadari bahwa wabah covid-19 berdampak besar pada perekonomian masyarakat dan keamanan masyarakat," jelasnya. 


Untuk ekonomi, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan diri sedini mungkin. Misalnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur mayur dan memelihara ternak, sehingga mampu menekan pengeluaran sehari hari.


Juga bisa dengan membangkitkan kembali potensi masyarakat. Seperti kerajinan yang perlu dikembangkan di masing-masing lingkungan.


Sementara untuk keamanan, juga harus diperhatikan. Kesulitan ekonomi masyarakat akibat covid-19 bisa menimbulkan gesekan dan peningkatan angka kriminalitas. Cara terbaik meminimalisir hal ini yakni meningkatkan kewaspadaan masyarakat melalui pos ronda. Hal ini diyakini bisa mendeteksi dan menekan tindak kriminalitas di tengah-tengah masyarakat.


Terpisah, Ketua FWLT Agus Wahaji menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan yang digelar Dirintelkam Polda NTB. Dirinya bersama teman wartawan lainnya tetap berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah termasuk mewujudkan Pilkada Lombok Tengah yang aman dan damai. 


"Kami siap mewujudkan Pilkada Lombok Tengah yang aman dan Damai," pungkasnya. 


Dalam kesempatan tersebut Drs.Susilo juga membagikan Sembako kepada puluhan warga kurang mampu di Kelurahan Semayan. Selain itu juga, DirIntelkam menyalurkan bantuan kepada 8 TPQ berupa Alquran, Sajadah, Speker Aktif dan Tiker.(LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *