2 Tahun Kepemimpinan Zul - Rohmi, Wagub Tegaskan NTB dibangun dengan Kebersamaan dan Cinta - newsmetrontb

Tuesday, September 22, 2020

2 Tahun Kepemimpinan Zul - Rohmi, Wagub Tegaskan NTB dibangun dengan Kebersamaan dan Cinta

 


Mataram - Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd. hadir sebagai narasumber Dialog Berugaq dengan Tema “Dua Tahun Zul-Rohmi membangun NTB” pada acara berugaq live di TVRI Stasiun NTB, Senin, 21 September 2020.

Dua tahun kepemimpinan pasangan Zul-Rohmi itu telah menggoreskan berbagai capaian pembangunan sesuai visi misi NTB Gemilang.

“Di awal kepemimpinan di tahun 2018 terjadi musibah gempa dan di tahun 2020 kita dihadapkan Covid-19, prinsip kita memang tidak melihat bencana atau tantangan yang ada di depan kita itu sebagai hambatan, justru kita berusaha mengambil hikmah dari semua itu bagaimana dengan tantangan yang ada di depan kita produktivitas kita lebih tinggi, sehingga kita tetap bisa mencari peluang di masa-masa sulit tersebut dan alhamdulillah 2 tahun ini walaupun memang hambatannya luar biasa, tetapi pencapaian juga tetap kita dapatkan untuk kemudian bersama-sama membangun sinergi karena dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada bersama-sama sesuai kapasitasnya Insya Allah di balik segala hambatan yang ada pasti selalu ada jalan,” ungkapnya menyampaikan progres pencapaian Zul-Rohmi selama 2 tahun dan hambatan yang terjadi.

Selanjutnya, beliau menyampaikan tentang pencapaian program unggulan yang berjalan sebagaimana mestinya, dan inovasi-inovasi yang datang dari NTB contohnya pada saat gempa kemarin NTB termasuk penanganan yang terbaik di Indonesia, dan dimasa pandemi ini Zul-Rohmi juga fokus pada beberapa hal yaitu produktivitas dan keamanan serta ekonomi.

''Allhamdulillah walaupun kita yang menjalani hambatannya luar biasa tetapi ternyata dalam skala nasional penanganan kita terbaik, di masa pandemi ini karena kita mau masyarakat hidup aman dan produktif dari sisi ekonominya juga, JPS Gemilang program yang kita luncurkan alhamdulillah menjadi motivasi di nasional, karena JPS gemilang kita luncurkan itu menggunakan produk-produk dari NTB sendiri jadi kita tidak memberikan bantuan berupa uang, tapi bagaimana kita mendorong UKM-UKM kita untuk bergerak, hasil merekalah yang kita gunakan untuk membantu saudara-saudaranya," pungkasnya.

Tidak hanya hambatan saja tetapi 2 tahun kepemimpinan sudah banyak pencapaian-pencapaian dalam 5 program unggulannya yaitu Industrialisasi, Zero Waste, Revitalisasi Posyandu, Desa Wisata, 1000 Cendikia.

"Program - Program unggulan Zul-Rohmi memang modelnya adalah pemberdayaan masyarakat dan juga programnya berbasis desa, jadi kita tidak mau program unggulan hanya seremonial tetapi kita bangun sistem contohnya berbicara NTB bersih kita ingin secara sistemik sampah menjadi berkah, kita dorong mulai dari hulu seluruh desa di NTB, bagaimana mengubah sampah menjadi berkah dan berguna, begitu juga dengan revitalisasi posyandu kita memanfaatkan posyandu yang sudah ada kita perkuat perannya dari sisi edukasi yang mulanya penyuluhan ibu dan anak kita dorong menjadi posyandu keluarga sehingga permasalahan sosial bisa juga diselesaikan," ujarnya.


Terkait program unggulan desa wisata dan industrialisasi, Wagub NTB mengemukakan bahwa salah satu cara pemerintah dalam mendorong desa agar dapat mengeluarkan potensinya yaitu dengan program unggulan desa wisata begitu juga dengan industrialisasi pemerintah membantu dengan keberpihakan kepada UMKM - UMKM yang memproduksi mesin dengan mewajibkan OPD menggunakan mesin buatan produk NTB sendiri.

Terakhir, mengenai 2 tahun kepemimpinan Zul - Rohmi, Wagub NTB mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi sinergitas dari semua pihak untuk bersama membangun NTB.

“Jadi untuk Masyarakat NTB, saya dan pak Gubernur mengucapkan terima kasih atas kontribusi seluruh masyarakat membangun NTB karena kebersamaan kunci kita untuk berhasil, NTB ini kita bangun dengan kebersamaan dan cinta, Sinergi dari seluruh pihak, jadi alhamdulillah di NTB ini kalau kita berbicara forkompinda luar biasa kompaknya, sinergi seluruh pihak itu kunci yang terpenting di dalam kita membangun NTB. Betul kita menghadapi bencana, betul kita menghadapi gempa dan pandemi, tetapi itu bukan halangan untuk kita terus bergerak maju mewujudkan NTB yang gemilang, insyaAllah dengan sinergi bersama tidak ada yang tidak mungkin," tutupnya. (Humas NTB/LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments