HEADLINE NEWS

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Sosiologi Universitas Mataram



Mataram - Program Studi Sosiologi Universitas Mataram yang diwakili oleh team dosen yang diketuai oleh Dr. Taufiq Ramdani, S.Th.I., M.Sos baru-baru ini mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Workshop Peningkatan Penguasaan Metode Penelitian Sosial bagi Guru di Pondok Pesantren Al-Kasyif Kebon Orong Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri Lombok Barat.


Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 1 September 2020 yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Kasyif serta dihadiri oleh segenap pimpinan dan guru dilingkup sekolah yang berada di dalam Pondok Pesantren Al-Kasyif. 


Dr. Taufiq Ramdani, S.Th.I., M.Sos selaku ketua team bersama anggota yaitu Ir. Nuning Juniarsih, M.Sos dan Ratih Rahmawati menyampaikan bahwa urgensi dari kegiatan pengabdian ini adalah guna meningkatkan kapabilitas para guru khususnya di lingkungan sekolah-sekolah swasta agar mempunyai kompetensi yang mumpuni untuk mengakses setiap peluang dan kesempatan, termasuk untuk kepentingan akses dan peluang kesejahteraan bagi diri mereka. 


Sebab, kecenderungan kekinian persyaratan untuk mendapatkan tunjangan profesi guru (sertifikasi guru) mempersyaratkan kepemilikan karya tulis ilmiah yang itu berkaitan secara langsung ataupun tidak langsung dengan penguasaan dalam hal metodologi penelitian. 


Kegiatan itu sendiri diselenggarakan tanpa membebani biaya apapun bagi guru dan sekolah, jadi sepenuhnya berbentuk pengabdian dari Universitas Mataram dan team dosen," demikian menurut ketua team pengabdian Dr.Taufiq Ramdani, S.Th.I., M.Sos.


Lanjut Taufiq, Kegiatan ini sendiri sengaja memilih lokasi sekolah yang berada di daerah pedesaan mengingat daerah pedesaan membutuhkan perhatian lebih dalam pembangunan sumber daya manusia, serta memilih sekolah swasta menurutnya sekolah-sekolah swasta tidak mempunyai anggaran yang teralokasikan khusus untuk kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru sebagaimana halnya sekolah-sekolah negeri.


Adapun instruktur kegiatan workshop metode penelitian sosial ini diisi langsung oleh Ketua Team yaitu Dr.Taufiq Ramdani, S.Th.I., M.Sos yang mana dia sendiri adalah dosen pengampuh mata kuliah Metode Penelitian di Program Studi Sosiologi Universitas Mataram. 


Sebagai instruktur, Dia berpengalaman mengisi workhop metode penelitian di sekolah-sekolah, Ia berangkat dari pengalaman penelitian dengan desain dan paradigma penelitian yang menyeluruh, pernah dengan penelitian kepustakaan (Labrary Research), pernah dengan desain Mixing Method (gabungan desain penelitian kuantitatif & kualitatif), serta juga berpengalaman dengan desain full kualitatif. 


Ia berharap dari ketua dan team pengabdian bahwa apa yang mereka lakukan dapat memberi manfaat besar bagi guru dan sekolah, baik untuk kompetensi mengajar mereka maupun untuk kebutuhan kapasitas keprofesian mereka, termasuk dalam upaya meningkatkan jenjang karier, sertifikasi guru, yang nantinya juga berimplikasi terhadap tingkat kesejahteraan mereka.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *