Rapat Koordinasi Khusus Penegakan Hukum Pilkada Serentak 2020 - newsmetrontb

Friday, September 18, 2020

Rapat Koordinasi Khusus Penegakan Hukum Pilkada Serentak 2020

 


Mataram – Menindaklanjuti persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 Kota Mataram, Asisten Pemerintahan dan Kesejehteraan Rakyat L. Martawang mengikuti rapat koordinasi khusus Penegakan Hukum Pilkada Serentak Tahun 2020 bersama Menko Polhukam Mahfud MD, Jum’at (18/09/2020), bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram yang terhubung melalui video conference.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua KPU Kota Mataram, Ketua Bawaslu, beserta jajarang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Mataram.


Rapat kooridnasi khusus ini untuk menindaklanjuti keputusan Pilkada dalam situasi pandemic, dengan memerlukan penyusaian teknis dalam penyelenggaran dengan memenuhi standar protokol Covid-19. 


Secara umum teknis penyelenggaraan telah diatur dalam peraturan Bawaslu Nomor 4 tahun 2020; dan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020.


Mulai dari mekanisme pencalonan, mekanisme pemeriksaan kesehatan, penetepan dan pengundian nomor urut bagi paslon yang dinyakan negatif Covid-19. 


Adapun metode kampanye pemilihan 2020 yang diperbolehkan berupa : pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik/debat terbuka antar pasangan calon, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK), penayangan iklan kampanye di media masa cetak, media masa elektronik, dan lembaga penyaiaran publik atau lembaga penyiaran swasta, rapat umum dan kegiatan lain. 


Dalam kesempatan tersebut Menko Pulhukam Mahfud MD menenekan kan agar semua pihak untuk lebih konkrit dalam melakukan mitgasi dan antisipasi terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan selama masa pemilihan. 


Salah satu yang ditekankan agar Parpol dan tim sukses diundang dalam rapat koordinasi tentang teknis pelaksanaan kampanye sampai dengan hari pemilihan dengan menandatangani pakta integritas agar terikat secara moral dan yuridis, “hal ini penting untuk antisipasi tindakan keributan, demo, di jalan” tegasnya. (LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments