HEADLINE NEWS

Sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah

 


Mataram – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H.Effendi Eko Saswito memimpin rapat sosialisasi penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) bersama pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Mataram bersama perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bertempat di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Jumat pagi (18/09/2020).

Rapat sosialisasi penerapan SIPD ini dilakukan sesuai tuntutan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) agar pemerintah daerah secara keseluruhan dapat menerapkan SIPD yang memuat sistem rencana pembangunan daerah, sistem keuangan daerah, sistem pembinaan dan pengawasan daerah dan sistem pemerintah daerah lainnya.

Acuan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang SIPD dan Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur SIPD. Implementasi Permendagri ini mempunyai konsekuensi terhadap perencanaan penganggaran tahun 2021.

Dalam pertemuan tersebut Sekda Kota Mataram H.Effendi Eko Saswito menekankan kepada pimpinan SKPD Kota Mataram mampu memasukkan data paling telat tanggal 27 september 2020 agar Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dapat segera dikirim ke DPRD Kota Mataram.

Eko juga menambahkan jika sampai saat ini pemerintah Kota Mataram sudah menyiapkan beberapa instrumen yang dibutuhkan untuk mendukung penerapan SIPD seperti Standar Satuan Harga (SSH).

Lebih lanjut Sekda Kota Mataram H.Effendi Eko Saswito menegaskan jika SIPD tidak terpenuhi maka praktis SKPD tidak bisa melaksanakan kegiatannya. “Kami minta untuk diseriusi, khususnya kaitannya dengan bagaimana kita melakukan penerapan SIPD ini”. ungkapnya.(LNG04)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *