HEADLINE NEWS

Tablig Akbar dan Festival Me Syuro Di Desa Goa, Bupati : Adab Edab Tau Samawa Harus Dimantapkan

 


Sumbawa Barat - Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M., menghadiri acara Tabligh Akbar dan Festival Me Syuro yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Goa Kecamatan Jereweh pada malam Sabtu 28/08/2020. Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 20.00 Wita dan dihadiri oleh masyarakat Desa Goa, para tokoh agama dan tokoh masyarakat. 


Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, beberapa Kepala OPD, Anggota DPRD, dan Camat. Di awal kegiatan para penonton disuguhkan lantunan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh ustadz Abdul Rahman Musa, S.pd, pendiri Ponpes Al-Furqon Lombok Timur dan juara MTQ tingkat Internasional di Teheran tahun 2006.


Sebagai pembuka, Kepala Desa Goa Kecamatan Jereweh selaku penyelengara kegiatan menyampaikan dalam laporannya, ucapan terimakasih yang mendalam kepada Bupati atas kesediaan waktunya untuk dapat hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, yang walaupun diketahuinya bahwa pada hari tersebut Bupati banyak sekali kegiatan. Ia menyampaikan bahwa pemerintah Desa Goa saat ini telah menyelenggarakan program baca al-Quran yang terinspirasi dari program Tuntas Baca Al-Quran (TBA)


Dalam sambutannya, Bupati melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ir. Abdul Muis, MM menekankan bahwa konsep hijrah sebenarnya bagaimana masyarakat bisa berhijrah dari akhlak yang sebelumnya tidak baik berubah menjadi akhlak yang baik. 


Edab dan adab adalah hal yang terpenting harus dijaga dan diperbaiki. Dari sisi pemahaman syariat, masyarakat harus dapat menjadikan ajang silaturrahmi sebagai wadah untuk saling memperbaiki, dan saling belajar. Semua ilmu yang didapat harus dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. “Bagaimana agar ilmu yang didapatkan tersebut bisa membuat kita berubah, menghidari perbuatan yang tidak baik, seperti menghina, mengumpat, memfitnah dan sejenisnya, karena semua itu dapat memicu terjadinya kekerasan dan premanisme di dalam masyarakat. Kita harapkan kedepannya dengan adab edab yang mantap kita dapat mewujudkan KSB yang lebih baik," ungkap Bupati.


Sementara itu dalam sesi ceramah yang disampaikan oleh penceramah Ustadzah DR. Nurlaila Kemal Hasyim, MA, Dewan Pimpinan Ponpes Tahfidz Al-furqon Lotim, yang juga istri dari Ustadz Abdul Rahman Musa,S.pd menekankan kepada seluruh tamu undangan yang hadir agar meningkatkan kecintaan kepada Al-quran. Anak-anak sedari dini harus dikenalkan dengan Al-Quran. disampaikannya bahwa kepekaan awal anak-anak terhadap lingkungannya yaitu melalui pendengaran, maka anak-anak harus dibiasakan mendengarkan Al-Quran. 


Kecintaan terhadap Al-Quran di awali dari bagaimana Al-Quran tersebut dibangun melalui keluarga, dalam keluarga yang harmonis tentunya. Para orang tua harus menghadirkan kelembutan dalam hati anak-anak.  Mendidik anak-anak bisa menjadi ujian, karena akan banyak tantangan didalam membentuk akhlak yang baik tersebut.


Dalam kesempatan tersebut ia juga menekankan kepada para tamu yang hadir, agar memperbanyak bersedekah, karena dengan bersedekah dapat memperberat timbangan amal baik kelak di akhirat. Terang Ustazah Nurlalila. (LNG05/Prokopim/LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *