World Clean Up Day, Ratusan Orang Di Lobar Bersihkan Kawasan Wisata - newsmetrontb

Saturday, September 19, 2020

World Clean Up Day, Ratusan Orang Di Lobar Bersihkan Kawasan Wisata




Lombok Barat -Pagi tadi (19/9), ratusan orang dari berbagai latar belakang mulai dari kelompok peduli lingkungan, kelompok pekerja, pemerintah desa, Pramuka, jajaran Perangkat Daerah Pemkab Lombok Barat (Lobar), dan masyarakat umum secara serempak melakukan aksi bersih-bersih di puluhan titik kawasan wisata yang ada di Lobar.


Aksi bersih-bersih di kawasan wisata ini, selain menjadi agenda rutin Dinas Pariwisata Lobar juga dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Dunia atau World Cleanup Day 2020.


World Cleanup Day (WCD) sendiri adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.


Salah satu lokasi aksi bersih-bersih, yakni Pantai Cemare yang berada di Kecamatan Lembar Selatan misalnya, sejak pukul 07.30 Wita ratusan peserta aksi bersih-bersih sudah mulai beraksi mulai dari jembatan hingga area pantai. 


Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid yang langsung turun meninjau kegiatan ini menyampaikan rasa syukurnya atas kegiatan yang mampu melibatkan semua kalangan masyarakat ini.


"Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup secara formal mengambil tempat di Pantai Cemare. Kita melihat hampir ribuan yang turun dari semua OPD, pihak kecamatan, desa, bahkan masyarakat beramai-ramai ikut melakukan pembersihan terhadap Pantai Cemare," ucap bupati. 


Dan kemungkinan, imbuhnya, dari hasil pantauan, kegiatan ini tidak akan bisa selesai hari ini saja. 


"Kita tadi sudah diskusi dengan Dinas Pariwisata dan Pak Kades, Insya Allah minggu depan akan dilanjutkan," lanjutnya.


Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. Saepul Akhkam yang menjadi salah satu inisiator dipilihnya Pantai Cemare sebagai lokasi kegiatan World Cleanup Day menyampaikan pentingnya menggalakkan kebersihan di salah satu eco wisata terpopuler di Lobar ini. 


"Sampah, terutama sampah plastik adalah musuh pariwisata. Dengan WCD ini kita mengedukasi warga Cemare agar mereka tidak lagi membuang sampah sembarangan," ujar Kadis.


Edukasi di Cemare, kata Akhkam telah dimulai beberapa hari yang lalu dengan kegiatan Revitalisasi Bumi. 


"WCD ini diawali dengan revit bumi Minggu lalu. Kita peringati Dengan gotong royong besar-besaran di semua tempat. Di Senggigi ada banyak komunitas yang turun. Di Sekotong, di Narmada, dan lainnya. Kita di Pemda memilih di Cemare ini. Dengan hasil hari ini, sepertinya kita akan rajin turun mendampingi masyarakat Cemare," imbuhnya.


Sakdiah, salah satu pedagang di Pantai Cemare juga merasakan imbas positif dari kegiatan hari ini. Selain mendapat hasil positif dari segi kebersihan, ia juga mengaku pendapatannya hari ini lebih banyak.


"Alhamdulillah pagi ini lebih ramai dari biasanya, tadi pagi tiba-tiba banyak polisi dan petugas lainnya datang ngopi sebelum mulai bersih-bersih," ungkapnya. 


Ia kemudian berharap Pantai Cemare bisa kembali menjadi tujuan wisata masyarakat, tidak hanya di hari-hari besar saja. 


"Sekarang sudah mulai ramai lah. Mudah-mudahan bisa tetap ramai tiap harinya, gak hanya di hari tertentu atau hari besar saja," pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Lembar Selatan H. Deny Basuki juga mensyukuri sekaligus mengapresiasi kegiatan WCD yang difokuskan di Pantai Cemare ini.


"Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, kita lihat tadi semua OPD terlibat, kemudian dari masyarakat kami juga, dari desa, dari Kecamatan ikut terlibat. Memang sih tidak bisa selesai dalam satu hari, paling tidak ini sebagai stimulus untuk kedepannya," ucapnya.


Di kesempatan yang sama kades ini juga sempat menggabarkan perkembangan ecowisata Pantai Cemare. 


Disampaikannya jika pantai ini terbagi menjadi tiga bagian. Yang pertama adalah pantai bagian utara dengan ombaknya yang besar dan menjadi lokasi para wisatawan mancanegara. Yang kedua adalah bagian tengah yang ia deskripasikan sebagai pusat kuliner di Pantai Cemare dan sejak beberapa bulan ini mengalami perkembangan jumlah pedagang di kawasan tersebut. Dan yang terakhir adalah bagian selatan.


"Bagian selatan dengan ombaknya yang kecil cocok untuk yang bersama keluarga dan diujung pantai cemare juga ada "makam keramat" yang sudah terkenal sejak dahulu," pungkasnya.(LNG04)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments