HEADLINE NEWS

Plt Bupati Lombok Utara Irup Upacara dan Bagikan Juara Lomba Kampung Sehat




Tanjung KLU - Bertempat di Halaman Kantor Bupati diadakan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dirangkaikan dengan apel netralitas ASN menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020. Selain itu, acara diisi dengan penyerahan nominator juara Lomba Kampung Sehat tingkat kabupaten dari Kapolda Nusa Tenggara Barat dan Pemda KLU. Hadir pula Pj. Sekda KLU Drs. H. Raden Nurjati, anggota Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, unsur TNI/Polri dan segenap ASN lingkup Pemda KLU, Senin (5/10).


Plt. Bupati Lombok Utara H. Sarifudin SH MH, dalam amanatnya menyampaikan peringatan HUT rutin diperingati tiap tahun, upaya mewarisi semangat juang, memahami keteladanan, serta menghayati tindakan dan spirit patriotik penegak kedaulatan negara. Spirit yang dilandasi rasa nasionalisme telah menjadi perisai penguatan kedaulatan negara.


"Melalui peringatan HUT TNI ke-75, saya mengajak seluruh komponen masyarakat KLU agar aktif bersama pemerintah meneruskan perjuangan dan cita-cita para pendahulu kita, terutama dalam mengisi pembangunan daerah," tuturnya lugas.


Menurut Plt Bupati, KLU tidak hanya diuji bencana alam, tetapi juga bencana non alam pandemi Covid-19. Penyebaran pandemi corona sungguh cepat menimpa sebagian besar negara dan masyarakat di berbagai belahan dunia. Lombok Utara juga tidak luput dari serangan wabah global tersebut. 


"Inilah ujian yang harus kita hadapi dan kita tangani secara kolektif baik pemerintah, jajaran TNI/Polri dan masyarakat dalam rangka memberikan kenyamanan dan kondusifitas demi tetap terjaganya keutuhan berdaerah, berbangsa dan bernegara," terangnya. 


Pada momentum perayaan 75 tahun TNI tersebut, dirinya menyampaikan sejumlah upaya dan langkah nyata yang diterapkan secara berkala oleh pemerintah daerah KLU, bersama unsur TNI/Polri dan gugus tugas Covid-19 guna mencegah dan memutus rantai penyebaran pandemi corona di antero KLU. Diantaranya, penerapan Perda NTB nomor 7 tahun 2020 dan Perbup Lombok Utara nomor 15 tahun 2020 serta mengeluarkan edaran penggunaan masker di tempat umum, tempat ibadah maupun tempat-tempat lainnya.


Selain itu, Pemda KLU mengambil langkah-langkah mencegah penyebaran Covid-19 di KLU, misalnya penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat umum, memonitoring Pelabuhan Bangsal sehubungan dengan keluar masuknya masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Turut pula menyukseskan kegiatan Lomba Kampung Sehat yang memacu masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.


"Mari kuatkan sinergi Program Kampung Sehat dikarenakan dapat menunjang keberhasilan desa-desa menerapkan protokol Covid-19. Saya mengajak kita semua agar terus menggalakkan kampanye gunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir dan jaga jarak untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama," ajaknya.


Pemda KLU terus berikhtiar bekerja keras bersama melakukan terobosan penanganan keadaan untuk pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur dampak gempa bumi 2018. Data BPBD KLU pertanggal 28 September 2020, kata Wabup Lombok Utara ini, jumlah RTG yang sudah terbangun sejumlah 37.129 unit, sementara RTG yang sedang dalam proses pembangunan sejumlah 5.964 unit. 


Terkait kontestasi pilkada pada Desember mendatang, ASN harus netral mengacu pada kode etik ASN sesuai PP nomor 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS. Dalam PP tersebut, lanjutnya, terdapat nilai dasar yang mesti dijunjung tinggi oleh PNS, diantaranya netralitas.


"Pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat KLU menyampaikan terima kasih yang tulus serta apresiasi yang luhur kepada pimpinan dan jajaran TNI atas kerja keras membantu masyarakat KLU. Dirgahayu TNI ke-75, Sinergi untuk Negeri," imbuhnya.


Dalam pada itu, terkait Lomba Kampung Sehat Kapolres Lombok Utara AKBP Fery Jaya Satriansyah, SH menyampaikan selamat kepada Desa Jenggala atas kesuksesan menjuarai Lomba Kampung Sehat tingkat kabupaten, serta mewakili KLU pada lomba serupa di tingkat Provinsi NTB. Seraya berharap, bisa ditiru oleh desa-desa lain di KLU.


Menurut Kapolres, Lomba Kampung Sehat di Lombok Utara terus dilakukan Polres Lombok Utara. Bahkan pihaknya melakukan pembinaan sejumlah pola kegiatan yang dilakukan ketiga desa pemenang lomba, seperti mendorong untuk mematuhi imbauan dan penerapan protokol kesehatan di tiga desa nominator juara.


Selain itu, pihaknya juga mendorong penyediaan infrastruktur dalam penanganan protokol kesehatan di ketiga desa. Hal itu bertujuan supaya yang bagus bisa bertambah bagus. Pihaknya, lanjut apolres, optimis desa utusan Lombok Utara nantinya bisa menjadi juara pada Lomba Kampung Sehat tingkat Provinsi NTB. 


"Kampung sehat ini tetap kita berlakukan selama masa Covid-19. Ke depan, kampung sehat terus akan diterapkan meski covid sudah usai. Formatnya kita ubah agar kampung sehat tetap ada, karena masyarakat kita harus hidup sehat," tuturnya.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan tropi piala dan hadiah kepada pemenang Lomba Kampung Sehat, masing-masing diserahkan kepada Desa Jenggala Kecamatan Tanjung (Juara I), Desa Senaru Kecamatan Bayan (Juara II), dan Desa Bentek Kecamatan Gangga (Juara III). Hadiah dan tropi piala diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Lombok Utara bersama Kapolres Lombok Utara dan anggota Forkopimda. (sid/LNG04)

foto: sid/humaspro

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *