Bupati Pimpin Upacara Syukur Perdana Pada Masa Pandemi - newsmetrontb

Wednesday, September 22, 2021

Bupati Pimpin Upacara Syukur Perdana Pada Masa Pandemi

Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. pimpin Upacara Syukur perdana setelah kurang lebih 2 tahun tidak terlaksana akibat pandemi Covid-19. Senin (20/09/2021) pagi yang bertempat di Lapangan Upacara Graha Fitrah Komplek Kemutar Telu Center (KTC).

Upacara Syukur yang digelar tanggal 20 tiap bulannya ini dimaknai sebagai rasa syukur atas berkah yang dilimpahkan oleh Allah SWT dengan lahirnya Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. mengingatkan agar pelayanan terhadap masyarakat harus tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat agar stabilitas ekonomi masyarakat juga tetap terjaga, kesejahteraan masyarakat tidak menurun dan masyarakat tidak terpuruk terhadap kondisi yang ada saat ini.

Upaya menekan angka penyebaran Covid-19 sangat membutuhkan sinergisitas semua pihak khususnya masyarakat. Kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19 haruslah menjadi sesuatu hal yang penting. Hal ini terbukti dengan masih bisa dikendalikannya penyebaran Covid-19 berkat kesadaran masyarakat KSB yang tinggi.

Selain memperketat penerapan protokol kesehatan Covid-19, tugas utama yang harus dilakukan pada era new normal (era kebiasaan baru) ini yakni menggalakkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi. “Jadikan vaksinasi sebagai gerakan yang massive di KSB. Para ASN dan PTT jadilah contoh dan teladan bagi masyarakat untuk sadar akan pentingnya vaksinasi guna terciptanya herd immunity," kata Bupati dalam sambutannya.

Selanjutnya, Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil monitoring evaluasi dan percepatan realisasi belanja Daerah, penyerapan anggaran APBD KSB pada pertengahan September tahun 2021 yakni sebanyak 51.55% dari target pada bulan September yaitu 63%. Percepatan penyerapan anggaran tersebut dapat dicapai jika percepatan realisasi belanja daerah dapat dipacu khususnya pada beberapa OPD, diantaranya Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan dan RSUD Asy-Syifa. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat segera merasakan dampak dari program pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah di tahun 2021 ini.

Menjadi urutan pertama sebagai Kabupaten yang sangat inovatif di Nusa Tenggara Barat (NTB) justru menjadi semangat untuk meningkatkan penilaian agar lebih baik lagi. Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. meminta agar memaksimalkan pelaporan inovasi yang telah dilakukan oleh masing-masing SKPD. 

“Untuk penilaian yang lebih baik lagi, banyak yang harus dilakukan salah satunya dengan memaksimalkan pelaporan inovasi yang telah dilakukan oleh masing-masing SKPD. Kuatkan regulasi, lengkapkan data-data yang akurat dengan menyertakan foto, video dan data-data pendukung lainnya agar inovasi yang diselenggarakan dapat kita pertanggungjawabkan baik administrasi maupun implementasi rill di lapangan," tutup Bupati. (***)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments