Asosiasi Pokdarwis KSB Terbentuk, Maryunani Apyanto Terpilih Jadi Ketua - newsmetrontb

Monday, January 10, 2022

Asosiasi Pokdarwis KSB Terbentuk, Maryunani Apyanto Terpilih Jadi Ketua

Sumbawa Barat - Selama delapan belas tahun Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berdiri, akhirnya asosiasi Pokdarwis ( APKSB) terbentuk secara aklamasi pada hari ini, Senin, (10/01/2022) di aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Pembentukan asosiasi ini dilaksanakan dipimpin oleh Kepala Dinas Disparpora KSB IGB. Sumbawanto, M. Si dengan dihadiri perwakilan Pokdarwis dari beberapa Kecamatan dan Desa di KSB. Diantara pokdarwis yang hadir yaitu, pokdarwis Intan Bulaeng, Pokdarwis Tonyong Bulaeng, Pokdarwis Sagegar Balat, Pokdarwis Ras Taliank Kawa Pisak Poto Batu, Pokdarwis Ai Bua, Pijdarwis Datu Seran, Pokdarwis Batu Tilam, Pokdarwis Gili Baban, Pokdarwis Buin Banyu, Pokdarwis Risma Pola Mata, Pokdarwis Papoya, dan Pokdarwis Gelumpang, dua diantaranya mewakili yaitu Pokdarwis Mantun dan Pokdarwis Olat Sare.

Ketua terpilih, Maryunani Apyanto yang akrab dipanggil Yudha terpilih secara aklamasi. Yudha menyampaikan bahwa, perjalanan pembentukan ini sudah melalui pertemuan-pertemuan sebelumnya, dengan pokdarwis yang ada. Sehingga akhirnya, alhamdulilah terbentuklah pada hari ini.

Diakui oleh Yudha, pembentukan ini memang terkesan sederhana dan dipercepat mengingat kebutuhan dan situasi pandemi saat ini. Namun, Yudha menegaskan, dirinya sebagai promotor untuk mengawali berdirinya asosiasi pokdarwis. Ia juga mengharapkan partisipasi pokdarwis semuanya, supaya gemanya bisa dirasakan secara luas, agar proses pemilihan pengurus asosiasi kedepan bisa diatur lebih rinci lagi.

Pada kesempatan itu, terpilihlah pimpinan asosiasi pokdarwis Sumbawa Barat,  Marynanni Apyanto dari Pokdarwis Intan Bulaeng Desa Kertasari sebagai Ketua, Edi Chandra Gunawan ( Peninjau) Sebagai Sekretaris dan Mursalin Hamid dari Pokdarwis Batu Tilam Salit sebagai bendahara dalam periode 2022 - 2025. Sementara untuk komposisi pengurus lainnya akan dibentuk kemudian oleh pimpinan yang terpilih hari ini.

Yudha saat dimintai keterangan persnya pasca terpilih menegaskan bahwa, wadah yang terbentuk saat ini menjadi rumah bersama bagi seluruh pokdarwis yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat . “Harapan saya kedepan, supaya asosiasi pokdarwis bisa menjadi rumah kita bersama, teman-teman pokdarwis,” tegasnya.

Yudha menambahkan, dengan terbentuknya wadah ini, diharapkan agar pokdarwis mempunyai naungan atau mitra strategis dalam kerja-kerjanya kedepan. Baik itu Dinas yang menangani Desa maupun yang membidangi Pariwisata dari tingkat paling bawah sampai ke Pusat (Kementerian). “Teman-teman Pokdarwis minimal ada orang tuanya,” harapnya. 

Disinggung visi yang akan diusung oleh wadah yang dia pimpin sekarang, Sapta yudha menerangkan akan membangun pariwisata KSB yang lebih variatif, inovatif, dan bisa bersaing dengan daerah lain. “Kita bisa membangun pariwisata KSB yang lebih variatif, lebih inovatif, dan dapat bersaing secara sehat dengan daerah-daerah lain,” pungkasnya.

Kadispora KSB IGB. Sumbawanto, M. Si dalam sambutannya mengatakan,  hadirnya asosiasi pokdarwis KSB ini, untuk lebih banyak berbuat dalam membangun parawisata KSB, sehingga  program kerjanya jelas dan terukur. Saat ini program pokdarwis sudah cukup bagus dan mampu menyumbangkan pendapatan daerah (PAD). "Ada 3 pokdarwis yang mendatangkan PAD yaitu pokdarwis Balat, Kertasari dan Lebo," kata Sumbawanto.

Lanjut Sumbawanto, adanya asosiasi ini, bisa mendongkrak kemajuan wisata, karena pokdarwis ujung tombak majunya wisata daerah. Sekretaris terpilih Edi Chandra Gunawan mengatakan, peran asosiasi pokdarwis dalam mengembangkan destinasi wisata sangat strategis. Asosiasi merupakan salah satu bentuk kelembagaan yang dibentuk oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis)
yang memiliki kepedulian dan tanggungjawab serta berperan dalam mendukung terciptanya iklim ekonomi, kondusif dan terwujudnya Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan unsur kenangan).

Sehingga hal ini dapat mendorong dalam mengembangkan dan membangun kepariwisataan di Kabupaten Sumbawa Barat yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, sehingga mampu melahirkan usaha ekonomi kreatif di bidang pariwisata. 

Asosiasi pokdarwis Kabupaten Sumbawa Barat ini, memiliki peran besar atas pengembangan pariwisata di setiap destinasi unggulan, supaya bisa memanfaatkan semua potensi. Bisa juga dikemas menjadi produk wisata agar mampu melestarikan kearifan lokal masyarakat dan lingkungan. Dengan salah satu cara yang dapat mengintegrasikan seluruh potensi yang ada yaitu, menjadikan setiap destinasi wisata agar pembangunannya terencana dan terukur.

Sehingga disetiap pengembangannya tidak merusak nilai-nilai yang  dipercayai oleh masyarakat dan kualitas lingkungan tidak mengalami penurunan atau rusak, serta dapat memaksimalkan keuntungan ekonomi untuk masyarakat lokal.

Asosiasi Pokdarwis memiliki VISI : Terwujudnya Pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat yang bermutu, berdaya saing dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

MISI : Mengembangkan Industri Wisata demi terciptanya lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat mengampanyekan Sapta pesona ( AMAN, TERTIB, SEJUK, INDAH, RAMAH TAMAH, KENANGAN ) dengan selalu memaafkan/ menggali potensi di setiap destinasi wisata dalam mendukung pariwisata, sehingga kedepan bisa lebih baik. Penguatan kapasitas SDM dan management tata kelola destinasi. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments