Dapat Kuota 6.200, BPN KSB Harapkan Masyarakat Antusias Ikuti Program PTSL - newsmetrontb

Wednesday, January 26, 2022

Dapat Kuota 6.200, BPN KSB Harapkan Masyarakat Antusias Ikuti Program PTSL

Sumbawa Barat - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di tahun 2022 akan melaksanakan pembuatan sertifikat tanah secara gratis bagi masyarakat yang dikenal dengan PTSL.

PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. Dikarenakan sertifikat cukup penting bagi para pemilik tanah, tujuan dari PTSL yaitu untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari. Program ini bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kepala BPN KSB melalui I Made Bagus Narakusuma, ST selaku kepala seksi survey dan pemetaan mengatakan bahwa, untuk masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat koutanya sebanyak 6.200 sertifikat hak atas tanah yang akan diperuntukkan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Taliwang dan Brang Rea.

"Bagi Kecamatan Taliwang mendapatkan kouta 5.200 sertifikat dan Kecamatan Brang Rea 1.000 sertifikat," kata Nara yang didampingi Lalu Firman Sukmajaya, SH selaku kasi penetapan, hak dan pendaftaran BPN KSB.

Ia menghimbau kepada masyarakat, untuk menyiapkan berkas seperti sporadik, alas hak, KTP dan SPPT tahun berjalan. Dia juga berharap semoga masyarakat KSB antusias membuat sertifikat tanahnya. Karena dari Kementrian Agraria meminta semua bidang tanah terpetahkan dan terdata. "Kami akan mengirim tim ke semua Desa dan Kelurahan untuk melakukan sosialisasi terkait program PTSL ini," jelasnya.

Ia menuturkan, di tahun 2021 lalu, program PTSL bagi KSB sebanyak 977 kouta dan alhamdulillah sudah tuntas 100 persen langsung dibagikan. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments