HI UNRAM Gelar Seminar, Harap Masyarakat 'Melek' Literasi Pembangunan - newsmetrontb

Thursday, June 23, 2022

HI UNRAM Gelar Seminar, Harap Masyarakat 'Melek' Literasi Pembangunan


Lombok Tengah - HI Unram Menggelar seminar di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dengan tema "Peningkatan Daya Saing Pelaku Industri Pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Melalui Skema Rantai Nilai". Diadakan Seminar dengan tema tersebut bertujuan penyadran, melek terhadap literasi pembangunan, serta tahu hak dan kewajiban sebagai Masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Alfian Hidayat selaku ketua dari penelitian ini.

''Masyarakat 'aware'. Yang kedua, harapan kami untuk melek literasi pembangunan itu. Dia punya literasi diplopmen; (yang semacam) tahu haknya, tahu kewajibannya, tahu posisinya," terangnya.

Acara yang dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai perwakilan ini; seperti perangkat desa, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, pelaku industri, dan sebagainya ini juga ikut terlibat langsung dalam diskusi. Ada dialog dalam bentuk tanya-jawab antara perserta dengan pemateri yang dari Dosen HI Unram selaku penyelenggara. Perserta mengeluhkan persoalan KEK Mandalika yang sampai saat ini masih belum tuntas urusannya dan beberapa kebijakan-kebijakan yang tidak memihak kepada masyarakat setempat. 


Sebagai pihak yang bertugas memberikan pamahaman akan hak dan kewajibannya, HI Unram memberikan respons-respons dan masukan. Selian itu, 
"Kalau mereka enggak aware, maka di-ware-kan, kalau dia tidak melek, tidak literasi pembangunan, (mereka) tidak tahu ini apa yang datang di sini (wilayah KEK Mandalika), dismis informasi yang kental," jelas Alfian Hidayat, salah satu Dosen HI Unram.


Selain sebagai yang memberikan pendidikan kepada masyarakat, HI Unram juga sebagai media yang menjembatani masyarakat setempat dengan pihak yang dekat glhunungannya dengan pengelola KEK Mandalika. Dalam hal ini HI Unram menghadirkan Lalu Alamin, selaku Direktur SWIM untuk memberikan materi dan dialog dua arah. (mai)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments