HUT 78: MELIHAT LOMBOK TENGAH BERTUMBUH DARI KACAMATA MIQ GITE PJ GUB NTB - newsmetrontb

Wednesday, October 18, 2023

HUT 78: MELIHAT LOMBOK TENGAH BERTUMBUH DARI KACAMATA MIQ GITE PJ GUB NTB





Baru saja Kabupaten Lombok Tengah merayakan hari jadinya yang ke-78. Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si. menghadiri langsung perayaan hari ulang tahun tanah kelahirannya tersebut di Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Puyung, 16.10.2023.

Saat itulah, Miq Gite kemudian kembali mengenang perjalanan panjang Kabupaten Lombok Tengah bertumbuh dalam berbagai aspek pembangunan. Sehingga dapat berkembang seperti saat ini, dengan Bandara Internasional, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Sirkuit Mandalika, By Pass, Poltekpar, IPDN, Teluk Awang, dan berbagai perkembangan pembangunan lainnya. 

Pada saat itu, Miq Gite sapaannya, selain sillaturrahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah, Forkopimda juga para tokoh agama, tokoh masyarakat Kabupaten Lombok Tengah lainya, ia juga bertemu dengan  salah seorang tokoh Masyarakat sekaligus Bupati Lombok Tengah ke - 8, H. L Wiratmaje. 

"Alhamdulillah, bahagia rasanya bisa silaturrahmi juga dengan salah seorang tokoh Masyarakat sekaligus Bupati Lombok Tengah ke - 8, Maminda H L Wiratmaje yang lebih dikenal dengan sapaan Mik Ngoh," jelas Miq Gite. 

Miq Gite juga mengenang sekilas peristiwa 15 Oktober 1945, 78 tahun lalu. Ketika Lalu Serinata kelahiran Bonjeruk Lombok Tengah, diangkat dan ditetapkan sebagai Kepala Daerah Setempat Lombok Tengah oleh Gubernur Provinsi Sunda Kecil Mr I Ketut Gde Pudja. Acara diawali pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan pengibaran bendera Merah Putih di Gedung Merdi Bekso Mataram. Peristiwa ini menandai peralihan kekuasaan dari penjajah Jepang ke Bangsa Indonesia di Gumi Sasaq Lombok. 

Acara di akhiri dengan pelaksaaan Rapat Umum Komite Nasional Daerah Lombok di Lapangan Mataram. Selanjutnya, tanggal 14 Agustus 1958, pemerintah NKRI mengeluarkan UU Nomor 69 tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat II dalam wilayah Daerah2 Tingkat I Bali, NTB, NTT.

Dengan sejarah panjang tersebut, Miq Gite berharap akan lebih banyak lagi pembangunan di Lombok Tengah, yang akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal setempat. 

"Tentu akan banyak lagi yang segera akan hadir di Lombok Tengah," harapnya. (novita, diskominfotikntb)


 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments