Lima Orang Masyarakat Dapat SIM Gratis Pada Peringatan HUT Bhayangkara - newsmetrontb

Monday, July 1, 2019

Lima Orang Masyarakat Dapat SIM Gratis Pada Peringatan HUT Bhayangkara

Sumbawa Barat – Sebagai bentuk tanda syukur atas bertambahnya usia Bhayangkara yang ke-73. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa Barat memberikan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bagi pemohon yang lahir 1 Juli, yang di mana bertepatan dengan lahirnya institusi Polri. 

Dari 10 kuota yang disiapkan, hanya lima pemohon yang mendaftar, sampai batas waktu yang ditentukan Satlantas. Lima orang tersebut, diberikan SIM gratis. Biaya seperti Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), ditanggung Satlantas Polres Sumbawa Barat.

Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat , IPTU. Putu Gede Caka PR S. Ik saat wawancarai media di kantornya menjelaskan, sampai batas waktu pukul 10.00 Wita sesuai ditetapkan, hanya lima pemohon mendaftar. Lewat dari waktu yang ditetapkan tersebut, mereka ada yang pemohon baru dan belasan lainnya permohonan perpanjangan SIM.

"Jadi, hanya Lima orang pendaftar pertama kita gratiskan,” jelasnya.

Ia menerangkan khusus perpanjangan SIM yang pemohonnya lahir tanggal 1 Juli yang jumlah pendaftarnya melebihi dari jumlah yang ditetapkan. Sehingga, dilakukan seleksi untuk mendapatkan SIM gratis. Dari hasil seleksi itu, yang dinyatakan lulus juga hanya lima orang pemohon. “Lebih banyak pemohon perpanjangan. Karena banyak pemohon SIM, sehingga waktunya kita batasi,” ujarang.

Ia mengungkapkan, memiliki surat-surat berkendara seperti SIM, adalah sesuatu yang mutlak bagi masyarakat. Hal itu sebagai bentuk kepatuhan dalam menegakkan aturan berlalu lintas. Sehingga, masyarakat kemana pun berkendara, tetap merasa tenang.

Tentu selain harus memiliki SIM, pengendara juga harus melengkapi diri dengan STNK. Dan yang tidak boleh disepelekan untuk keselamatan berkendara, yakni penggunaan helm. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat, makin sadar akan aturan berlalu lintas, semata-mata untuk mengurangi angka kecelakaan,” imbaunya.

Ia juga mengatakan, kalau tidak bisa menjadi pelopor bagi orang lain, setidaknya jadi pelopor berlalulintas pada diri dan keluarga.

Untuk informasi masyarakat yang menerima SIM Gratis yang lahir pada tanggal 1 Juli dalam rangka Hut Bhayangkara yaitu Asmawati - Sim C, Abu Bakar - Sim C, Ibnu Irsal - Sim C, Juliawan - Sim C dan Juliawan - Sim A," pungkasnya. (Ibrahim)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments