Ribuan Masyarakat, Hadiri Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi NTB - newsmetrontb

Sunday, September 29, 2019

Ribuan Masyarakat, Hadiri Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi NTB

Sumbawa Barat -  Lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang ke 17 dilaksanakan di pantai Balat Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu pagi, (29/9) di hadiri oleh seluruh masyarakat dari 8 Kecamatan yang ada di KSB.

Selain itu, diramaikan juga oleh tamu luar daerah dari 9 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi NTB. Membuat lautan manusia memadati areal wisata pantai Balat. Lomba tersebut bertemakan "Ragam Menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak".

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, Kadis Perikanan Provinsi NTB Ir. H. Lalu Hamdi, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Eddy Oswaroto, ST, Kapolres yang diwakili Waka Polres KSB Kompol Teuku Ardiansyah SH, Ketua PKK Sumbawa Barat HJ. Hanifah Musyafirin, Sekda KSB Abdul Azis SH MH, Assisten II Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si. Kasdim 1628/SB Mayor Inf Achmad Nurodin Hidayat S.Sos, Para Kepala OPD, para Kabid, Para Camat se KSB, Danramil 01/Taliwang Kapten Inf I Nyoman Suarka, Danramil 02/Sekongkang Kapten Cba Agus SH.

Hadir juga Kapolsek Taliwang AKP Muhammad Fatoni SH, Lurah/Kades se KSB, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tim penggerak PKK Kecamatan Se KSB, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dengan jumlah sekitar 1500 orang. 

Peserta lomba masak yakni dari Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Bima, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Kegiatan lomba masak serba ikan tingkat Provinsi NTB diawali dengan senam massal, selanjutnya lomba masak serba ikan di mulai.

Laporan ketua panitia Hj. Hanifah Musyafirin mengatakan lomba masak serba ikan tingkat Provinsi NTB bertujuan meningkatkan angka konsumsi ikan, meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku ikan dan memperkenalkan keaneka ragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas.

Lanjut Hanifa, tujuan lainnya yaitu menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak-anak, serta mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan untuk kesejahteraan rakyat.

Ia juga menjelaskan sasaran kegiatan ini, menciptakan keanekaragaman menu masakan berbahan baku ikan, tersosialisasinya menu masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat, tersoasialisasinya manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha kuliner berbasis ikan dan peningkatan konsumsi ikan yang bermutu dan bukan berasal dari penangkapan illegal.

Peserta kegiatan ini yakni tim penggerak PKK dari 9 Kabupaten/Kota Se-Provinsi NTB yang merupakan juara Pertama Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2019 yang diadakan di Tingkat Kabupaten/Kota se-NTB. Peserta bazar merupakan peserta juara satu di tingkat Provinsi tahun ini. Ada juga Kelompok Pengolah Dan Pemasar Hasil Perikanan (Poklahsar) binaan Dinas & TP PKK Se-KSB Kelautan Dan Perikanan.

UMKM se Kabupaten Sumbawa Barat, peserta Pemberian Makanan Tambahan Bagi Anak Sekolah (PMTAS) sebanyak 300 anak tingkat Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Taliwang dan funbike yang diikuti peserta umum.

Menu saat lomba yakni menu ikan untuk keluarga, menu ikan untuk balita, menu kudapan/snack, menu keluarga berbahan baku Ikan Nila, Lele dan Tenggiri sedangkan menu untuk balita dan kudapan adalah potensi ikan unggulan masing-masing Kabupaten.

Juri lomba masak serba ikan adalah tim juri Provinsi yang berjumlah 5 orang, tim penggerak PKK Provinsi NTB, asosiasi Chef Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan Dinas Kelautan dan Perikanan KSB.

Dia berharap semoga dengan lomba masak serba ikan dan bazar ini dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat NTB, sehingga terbentuk sumber daya manuasia yang sehat, kuat dan cerdas.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perikanan Provinsi NTB Ir. H. Lalu Hamdi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan lomba ini adalah upaya dalam rangka seleksi di setiap Kabupaten Kota untuk lomba masak di Tahun 2020 nantinya di tingkat Provinsi.

Ia mengucapkan terima kasih kepada ketua Penggerak PKK yang sudah menyiapkan segalanya sehingga acara bisa terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan ini semua bisa mendorong dan memotivasi kita untuk memasak serba ikan.

Sambung H. Lalu, lebih dari 30% anak mengalami stunting dan hanya dapat dicegah dengan konsumsi ikan. Forikan sebagai lokomotif penggerak untuk konsumsi ikan yang beranggotakan PKK dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

"Mari kita budayakan berkonsumsi ikan sejak dini, lomba masak ikan ini adalah media untuk mensosialisasikan gemar makan ikan dan betapa pentingnya konsumsi ikan," jelasnya.

Lebih lanjut, Dia menjelaskan anak-anak kita harus paham betapa pentingnya konsumsi ikan. Nantinya kita akan sosialisasikan ke tingkat Kecamatan maupun tingkat Desa supaya masyarakat lebih tau betapa pentingnya konsumsi ikan.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengatakan, konsumsi ikan kita baru mencapai kurang lebih 45 kg/tahun dibanding dengan negara-negara tetangga.

Di KSB tidak berkembang kuliner ikan dan ini akan menjadi tugas PKK supaya di sosialisasikan.

Dia berharap dengan adanya lomba masak serba ikan ini bisa digemari oleh anak-anak kita. Alhamdulillah di KSB adalah paling terendah Stanting di tingkat Provinsi NTB.

Dia berpesan kepada peserta lomba agar ragam menu yang harus di tingkatkan lagi, Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini.

Setelah itu, Bupati membuka acara lomba masak serba ikan tingkat Provinsi NTB yang ke 17. "Atas ijin kita semua mari kita buka lomba masak serba ikan," ucap Bupati.

Selanjutnya, pemberian makanan tambahan sebanyak 300 anak sekolah secara simbolis, kemudian Bupati beserta rombongan meninjau Stand Bazar serba ikan selesai itu berkunjung ke stand lomba masak serba ikan.

Juara lomba masak serba ikan tingkat Provinsi NTB ke 17 Tahun 2019 di menangkan oleh Kota Bima sebagai juara I dengan nilai 86,40, juara II Kota Mataram dengan nilai 85,80, selanjutnya juara III Kabupaten Lombok Barat dengan nilai 81,10. Juara harapan I Kabupaten Bima dengan nilai 78,80, Harapan II Kabupaten Lombok Tengah dengan nilai 77,80, Harapan III Kabupaten Lombok Utara dengan nilai 73,10 dan juara favorit adalah Kota Mataram. 

Di acara terakhir, pemberian hadiah juara lomba dan pembagian dorpraes hadiah utama. (LNG05)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments