Go Green, DJPB NTB selenggarakan kegiatan di Tunak - newsmetrontb

Sunday, January 26, 2020

Go Green, DJPB NTB selenggarakan kegiatan di Tunak

Loteng - Disela-sela padatnya rundown kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (RAKORWIL) Dirjen Perbendaharaan Kanwil NTB, diisi juga dengan pelepasan Tukik dan penanaman pohon di kawasan TWA Gunung Tunak. Bersama-sama Kakanwil dan segenap jajarannya di seluruh Nusa Tenggara Barat menikmati betul kegiatan yang biasanya dilakukan di hotel hotel dengan suasana formal, sementara tahun ini dilaksanakan di kawasan Taman Wisata Alam, ditambah lagi dengan kegiatan-kegiatan Go Green (Penghijaun) bersama-sama dengan kelompok masyarakat pengelola TWA Gunung Tunak.

Saryawan selaku Kakanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan Negara (DJPb) Provinsi Nusa Tenggara Barat menjelaskan keprihatinannya akan kondisi lingkungan yg sudah semakin rusak.

"Akhir-akhir ini, banjir terjadi di beberapa daerah di Indonesia seperti di Sumatera, Jawa, dan beberapa tahun lalu bahkan terjadi terjadi di NTB tepatnya Bima, ini semua karena ulah manusia yang merusak hutan dan penebangan liar.  Kita selaku pengelola keuangan mengajak masyarakaat semuanya untuk peduli terhadap lingkungan, peduli akan hutan, peduli akan hewan/biota laut dan pantainya, kita mlakukan penanaman pohon, dengan harapan masyarakat ikut tergugah dan melakukan hal yang sama" Harap Saryawan.

 "Disamping untuk mnunjukkan itu, kita juga dapat mlakukan RAKORWIL ditempat yang dekat dengan alam, kita dapat mlakukan kegiatan Go Green yang pada akhirnya dapat melakukan efesiensi di kantor, seperti penghematan kertas, listrik, printer, dan lain sebagainya" Tambahnya.

Sementara itu Rata Wijaya selaku General Manager unit management TWA Gunung Tunak memaparkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kampanye pelestarian  lingkungan dalam sustainable development program

“Bahwa kelestarian alam adalah tanggung jawab semua pihak, kita semua harus menjadi mitra yang baik bagi alam sekitar, minimal kita jangan menjadi parasit bagi alam!” tegas Rata Wijaya.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang sedang naik daun menjadi idola wisatawan domestic maupun mancanegara ini dimanfaatkan betul untuk melakukan kampanye pelestarian alam. Di TWA ini dilakukan berbagai upaya pelestarian dibawah binaan Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi NTB. Dari pemeliharaan habitat tumbuh tumbuhan, spesies hewan dan burung burung juga terus dilakukan, seperti penangkaran rusa, ekologi kupu kupu hingga burung, hewan dan tumbuhan langka.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh beliau dengan pengunjung melihat dan merasakan langsung keasrian lingkungan yang masih alami, kita yakin betul akan tumbuh kepedulian untuk bersama sama menyelamatkan lingkungan. Terlebih pengelolaan dan pelestarian hutan di TWA Gunung Tunak melibatkan masyarakat setempat untuk mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan jasa yang dilakukan.
Untuk masyarakat setempat sendiri, jasa dan akomodasi yang dikelola melalui forum ekowisata Tunak Besopoq dari waktu ke waktu berkembang dengan sangat baik.

Jika pada tahun sebelumnya bergerak pada usaha hotel dan restaurant, sekarang sudah mulai bisa handle event event, outbond, paket paket rapat dan kunjungan tamu partai besar maupun kecil.

"Alhamdulillah dengan meningkatnya angka kunjungan, manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar juga semakin meningkat. Dengan begini kelestarian ini menjadi sangat penting ketika bisa mendatangkan manfaat langsung terhadap masyarakat" tekannya lagi. 

Lebih jauh beliau berharap, industry pariwisata, pertanian, pertenakan, bisa berjalan seirama saling menopang satu sama lain, sehingga derah kita betul betul unggul dalam semua bidang.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments