Gubernur Zul Apresiasi Kontribusi Pers Bagi Kemajuan NTB - newsmetrontb

Saturday, February 8, 2020

Gubernur Zul Apresiasi Kontribusi Pers Bagi Kemajuan NTB

Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr.H. Zulkieflimansyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh insan pers yang telah berkontribusi nyata dan aktif mendesiminasikan informasi yang bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di NTB. Bang Zul sapaan akrab Gubernur kelahiran Sumbawa tersebut mengungkapkan bahwa kemajuan yang dicapai NTB hingga saat ini tidak terlepas dari peran media dan para insan pers yang luar biasa.

Apresiasi tersebut disampaikan Bang Zul saat launching Album PEDAS 2019 (Pentas Dangdut Sembilan) sekaligus peringatan Ulang Tahun TV9 di Studio  TV9 di Mataram, Sabtu Malam (8/2-2020). Ia menyebut peran paling strategis pers adalah sajian informasinya yang mengedukasi dan diharapkan lebih banyak mengangkat isu-isu yang terkait dengan lokal wisdom serta membangun optimisme dan spirit bagi semua pihak untuk ikut mengambil peran aktif dalam membangun.

Hal senada disampaikan Wakil Gubernur, Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah. Umi Rohmi sapaanya menegaskan bahwa Pers merupakan mitra terbaik untuk membangun bangsa. Sebagai mitra terbaik, maka peran terpenting dari pers, menurut Wagub adalah bagaimana membantu dan berkolaborasi untuk mensukseskan seluruh agenda pembangunan nasional dan daerah. "Pers harus menyajikan informasi yang positif, konstruktif dan menghindari berita bohong (Hoax), serta menghapus ujaran kebencian," ungkapnya disela-sela acara peringatan HPN, di Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Wagub, insan pers tidak bisa dipisahkan dari pemerintah karena memiliki peran yang sangat penting. Salah satunya adalah mensosialisasikan berbagai program pembangunan. Juga menjalankan fungsi edukasi atau pendidikan serta sebagai perekat sosial melalui berita positif yang disajikan ke khalayak publik.

Ia menilai peran pers di NTB sudah semakin maju dan berkontribusi positif bagi pembangunan daerah. Karenanya, melalui peringatan hari pers nasional tahun ini, atas nama pemerintah Provinsi NTB, Wagub Umi Rohmi menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi. Utamanya kepada seluruh insan media di NTB dan segenap jaringannya yang telah mengambil bagian dan kontribusi nyata untuk mewujudkan NTB Gemilang. Dengan sajian informasi berimbang yang bernilai edukatif bagi masyarakat, menurutnya  sebuah keniscayaan yang wajib dilakukan.

"Peran pers dalam mengedukasi itu sangat luar biasa. Jika informasi berbagai program unggulan NTB terus dikumandangkan, insyAllah  NTB gemilang segera terwujud", pungkasnya. 

Sebelumnya, Presiden Ir.Joko Widodo di tempat yang sama juga mengatakan peran pers dalam membangun Indonesia sangat penting, oleh karenanya ia selalu hadir untuk memperingati HPN.

"Setiap acara Hari Pers, saya selalu hadir. Dan saya seharusnya pagi ini sudah terbang ke Canberra, Australia. Tapi saya menyempatkan diri belok ke sini, demi Hari Pers Nasional" katanya. 

Jokowi juga mengungkapkan alasannya, mengapa menghadiri HPN menjadi sangat penting, karena ia beranggapan insan pers merupakan teman sehari-harinya.

"Mengapa harus hadir ?, ya karena insan pers adalah teman-teman saya sehari-hari. Yang ikut saya setiap hari insan pers,  yang menemani kemana-mana insan pers, yang bertanya ke saya juga insan pers. Insan pers itu selalu di hati dan selalu dirindu." kata Jokowi.

Di akhir sambutannya, presiden Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pers karena telah membantu memberitakan dan menyebarluaskan informasi pembangunan, kemajuan serta kebijakan pemerintah ke seluruh pelosok negeri selama ia menjabat.

"Dalam lima tahun terakhir, pers telah banyak membantu pemerintah untuk menyebarkan informasi. Saya harap kerjasama baik ini terus dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Maju." Tutup presiden Jokowi. (Rb)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments