HEADLINE NEWS

Antisipasi Gangguan Pilkada, Polresta Mataram Gelar TFG

 


Mataram—Polresta Mataram menggelar pelatihan tactical floor game (TFG) sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan pilkada Kota Mataram 9 Desember mendatang. Kegiatan dilaksanakan Hari Selasa (01/09/2020) bertempat di Lapangan Apel Polresta Mataram. Kegiatan dimulai pukul 10.00 wita dengan menghadirkan puluhan peserta. Diantaranya, Karo Ops Polda NTB Kombes Pol I Dewa Putu Maningkajaya, Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto, Wakapolresta Mataram, AKBP Erwin Suwondo, Dandim 1606 Lombok Barat Kolonel ARM Gunawan, Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, PJU Polresta Mataram beserta Kapolsek jajaran dan anggota, Kasat Polpp Kota Mataram dan perwakilan Dinas Perhubungan Dinas Perhubungan Kota Mataram serta Pemadam Kebakaran Kota Mataram.    

Tema sispamkota tersebut adalah ‘’ melalui latihan pra operasi kepolisian mandiri kewilayahan operasi mantap praja Gatarin 2020 secara virtual, kita tingkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme Polri dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020.   

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto menyampaikan, pelaksanaan sispamkota bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas selama tahapan Pilkada Kota Mataram. Dalam TFG itu, puluhan personel gabungan disiapkan untuk pengamanan Pilkada Kota Mataram tahun 2020. ‘’ Kita ingin mempersiapkan diri agar nantinya seluruh kegiatan yang berpotensi menghadirkan gangguan bisa kita antisipasi,’’ ungkap Kombes Pol Guntur Herditrianto. 

Saat TFG digelar, Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik tampil untuk memberikan pemaparan tentang mekanisme pengamanan Polresta Mataram dalam pilkada nanti. Selanjutnya, simulasi sispamkota dengan skenario TFG mulai dilaksanakan. Petugas mensimulasikan beberapa objek vital milik negara yang dijaga jika ada gangguan atau unjuk rasa, dari pendukung pasangan calon yang kurang puas dengan hasil pilkada. Petugas pun mengantisipasi dengan cermat tentang potensi gangguan yang ditimbulkan. ‘’ Kita ingin mempersiapkan diri. Agar kedepannya kita tahu apa yang harus kita laksanakan,’’ beber Taufik. 

Taufik berharap, melalui sispamkota yang sudah dilaksanakan. Setiap personel mengetahui tugasnya di lapangan. Karena saat TFG dilaksanakan, petugas menyiapkan titik-titik yang harus dijaga dan diantisipasi. ‘’ Nanti dia bertugas dimana dari TFG ini sudah difahami bersama,’’ katanya. 

Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol Maningka Jaya turut memberikan masukan. Perwira polisi melati tiga itu berpesan untuk mempersiapkan pengamanan dengan cermat. Karena kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan tahapan ops mantap praja gatarin 2020. Sementara persiapan pengamanan dengan waktu yang mepet. Karena 4 September nanti sudah dimulai tahapan pendaftaran Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Mataram. ‘’ Untuk itu semua harus dipersiapkan,’’ pesannya. 

Maningkajaya juga berpesan, Pilkada saat ini berbeda dengan sebelumnya. Karena digelar di tengah pandemi virus covid-19 yang mengguncang dunia. Pelaksanannya pun dipastikan berbeda dengan pilkada sebelumnya. Dirinya juga berpesan agar petugas yang mengawal calon agar dilatih dan mengedepankan netralitas. ‘’ Pengawalan calon yang mengawal perlu dilatih. Harus juga ditekankan terkait netralitas yang mengawal. Karena semua anggota Polri harus netral,’’ kata Maningkajaya. Secara keseluruhan kegiatan sispamkota ini berjalan aman dan lancar.(LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *